Di indramayu terkenal pula sebagai penghasil karya seni terapan batik. Tepatnya di daerah

Di indramayu terkenal pula sebagai penghasil karya seni terapan batik. Tepatnya di daerah

A. Parean
C. Terisi
B. Paoman
D. Losarang

Kunci Jawaban : B. Paoman

Pengertian Seni Batik secara umum adalah pembentukan gambar pada kain dengan menggunakan teknik tutup celup dengan menggunakan lilin atau malam sebagai perintang dan zat pewarna pada kain.

Seni merupakan sebuah karya manusia yang mengandung unsur-unsur keindahan. Seni sendiri memiliki banyak cabang, mulai dari seni musik, seni tari, seni sastra, seni teater, hingga seni rupa.

 

Pembahasan

Batik merupakan salah satu bentuk hasil karya seni rupa terapan. Batik sendiri merupakan karya seni berupa kain yang memiliki motif/corak tertentu dimana dalam proses pembuatannya menggunakan malam/lilin. Proses pembuatan batik sendiri dimulai dari Ngemplong, kemudian Nyorek, Mbathik, Nembok, Medel, Ngerok, Mbironi, Menyoga, dan yang terakhir Nglorod.

Untuk membuat batik sendiri, terdapat berbagai teknik di dalamnya, berikut akan kakak jelaskan macam-macam teknik dalam membatik :

  1. Batik Canting Tulis/Batik Tulis, batik tulis merupakan batik yang dibuatnya secara manual dan hanya menggunakan canting, malam, serta tangan untuk membuat motif-motifnya.
  2. Batik Cap, merupakan batik yang pembuatanya menggunakan canting yang berbentuk khusus dan timbul sehingga tinggal dicapkan ke kain mori.
  3. Batik Celup Ikat, merupakan batik yang pembuatannya diikat kemudian dicelupkan ke beberapa variasi warna sehingga menghasilkan batik yang berwarna warni.
  4. Batik Printing, merupakan batik yang pembuatanya menggunakan mesin modern dan pewarnaanya tidak menggunakan malam.
  5. Batik Colet, merupakan batik yang pembuatannya dengan cara dilukis, biasanya batik ini dilukis dengan kuas, kapas, dan canting.

 

Kesimpulan

Teknik pembuatan batik ada 5, antara lain :

  1. Teknik Canting Tulis.
  2. Teknik Cap.
  3. Teknik Celup Ikat.
  4. Teknik Printing, dan
  5. Teknik Colet.
Baca Juga  Sekelompok bunyi dengan susunan tertentu dinamakan?