jelaskan perbedaan mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal

jelaskan perbedaan mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal

jawaban

Perbedaan mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal adalah: mobilitas vertikal menyebabkan perubahan posisi seseorang dalam masyarakat, sementara mobilitas horizontal tidak mempengaruhi posisi sosial seseorang.

Pembahasan:

Mobilitas sosial atau pergerakan sosial dibangi menjadi dua jenis yaitu mobilitas sosial horizontal dan vertikal.

Perbedaan antara mobilitas sosial horizontal dan vertikal adalah, pada pada mobilitas sosial horizontal, terjadi perubahan posisi pekerjaan atau peran seseorang atau kelompok tanpa melibatkan perubahan dalam posisinya dalam hierarki sosial. Sementara pada mobilitas sosial vertikal terjadi perubahan pada posisi individu atau kelompok dalam hirarki sosial.

Ketika seorang buruh pedesaan datang ke kota dan menjadi pekerja industri atau manajer menjabat posisi yang sama di perusahaan lain, tidak ada perubahan signifikan dalam posisi mereka dalam hirarki.

Mobilitas sosial ini disebut mobilitas hotizontal. Mobilitas horisontal adalah perubahan posisi tanpa adanya perubahan pada status sosial. Yang terjadi hanya perubahan posisi dalam status sosial yang sama.

Namun jika seorang pekerja industri mendapat promosi atau diangkat menjadi pengusaha atau manajer maka ia telah mengubah posisinya dalam sistem stratifikasi sosial. Ini adalah contoh mobilitas vertikal.

Mobilitas vertikal mengacu pada pergerakan individu atau orang atau kelompok dari satu status ke status lainnya. Perubahan status ini bisa naik atau turun.

Baca Juga  Rapi itu indah. kalimat di atas termasuk?