hal yang bukan termasuk unsur iklan adalah

hal yang bukan termasuk unsur iklan adalah

a.gambar b.media c.pesan d.sumber

jawaban

D Sumber

Iklan adalah pemberitahuan mengenai barang atau jasa yang dijual kepada khalayak melalui sebuah media massa atau tempat umum. Ciri-ciri iklan, yaitu (1) sesuai dengan tujuan, artinya jika hendak menjual barang maka isi iklan harus memuat penjelasan tentang produk; (2) tidak bertele-tele, iklan sebaiknya disajikan secara singkat, jelas, dan padat sehingga tidak mengaburkan maksud serta mudah dipahami oleh khalayak; (3) bersifat objektif, tidak melebih-lebihkan produk ataupun jasa yang diiklankan; (4) jujur, isi iklan harus memuat fakta yang dapat dipertanggungjawabkan artinya seluruh informasi tentang produk yang dipasarkan bukanlah suatu kebohongan; (5) menarik perhatian banyak orang melalui gambar, suara, kata-kata, ataupun gerakan yang senang dilihat oleh khalayak; (6) tidak menjelekkan suatu pihak tertentu dengan cara membandingkan produk lain.

Berdasarkan ciri-ciri di atas yang juga digunakan sebagai acuan membuat iklan maka diketahui bahwa sumber bukanlah unsur yang perlu dimuat di dalam iklan.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D sumber

Sebutkan unsur unsur iklan

  1. Kalimat deskriptif
  2. Kalimat persuasif
  3. Attention ( perhatian )
  4. Interest ( minat )
  5. Desire ( keinginan )
  6. Conviction ( rasa percaya )
  7. Action ( tindakan )
  8. Memiliki sasaran yang jelas tentang produk dan jasa yang ditawarkan.

 

Pembahasan :

Iklan adalah berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang sedang ditawarkan.

Iklan atau pariwara merupakan bagian penting dalam mempromosikan atau menawarkan suatu barang ataupun jasa.

 

Jenis-jenis iklan :

  1. Iklan niaga merupakan jenis iklan yang dibuat untuk mempengaruhi khalayak agar tertarik untuk membeli, memiliki, dan menggunakan produk yang ditawarkan oleh pemasang iklan
  2. Iklan layanan masyarakat merupakan jenis iklan yang dibuat untuk menarik perhatian masyarakat agar memiliki rasa simpati atau memberikan dukungannya terhadap hal yang sedang diiklankan.
Baca Juga  Musyawarah diadakan dengan semangat?

Unsur-unsur iklan:

  1. Kalimat deskriptif : kalimat yang berfungsi untuk menguraikan spesifikasi produk atau layanan yang akan diiklankan.
  2. Kalimat persuasif : kalimat yang berfungsi untuk mengajak atau membujuk orang untuk memakai suatu produk atau layanan yang sedang diiklankan.
  3. Attention ( perhatian ). Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
  4. Interest ( minat ). Setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
  5. Desire ( keinginan ). Suatu cara utuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.
  6. Conviction ( rasa percaya ). Untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
  7. Action ( tindakan ). Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.
  8. Memiliki sasaran yang jelas tentang produk dan jasa yang ditawarkan. Sasaran dapat ditujukan pada anak”, remaja, dewasa, maupun tua.