berikut yang bukan merupakan alat musik melodis adalah

berikut yang bukan merupakan alat musik melodis adalah

a. pianika
b.kolintang
c.angklung
d.drum

jawab

Yang bukan merupakan alat musik melodis adalah drum (opsi D).

Pembahasan

Alat Musik Melodis

Alat musik dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsinya, salah satunya adalah alat musik melodis. Alat musik melodis adalah alat musik yang dapat menghasilkan nada atau melodi dalam lagu. Alat musik ini berperan untuk membuat alunan musik dan lagu agar terdengar indah dan merdu. Alat musik melodis juga dapat menghasilkan suatu nada atau notasi. Melodi tersusun dari beberapa nada seperti nada tinggi, nada sedang, dan nada rendah. Alat musik ini dapat dimainkan sendiri atau solo atau digabungkan dengan alat musik lain.

Cara memainkan alat musik melodis bermacam-macam. Ada yang ditiup seperti pianika (opsi A), dipukul menggunakan alat pemukul seperti kolintang (opsi B), dan digoyang seperti angklung (opsi C).

 

Fungsi Alat Musik Melodis

Ada beberapa fungsi dari alat musik melodis, beberapa di antaranya adalah:

  • Pembelajaran  

Alat musik melodis dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran baik di sekolah, konser, atau tempat latihan lainnya. Untuk memainkan alat musik ini memang dibutuhkan keterampilan khusus dan waktu yang tidak singkat.

  • Pengiring Lagu

Banyak lagu yang alat musik utama untuk iringannya menggunakan alat musik melodis karena alat musik ini dapat menghasilkan nada. Contoh alat musik yang sering dijadikan pengiring lagu adalah gitar, piano, dan biola.

  • Pengiring Tari

Selain menjadi pengiring lagu, alat musik melodis juga dapat menjadi pengiring tari. Ada banyak tari tradisional maupun tari modern yang menggunakan alat musik melodis sebagai iringannya. Contoh alat musik yang sering digunakan untuk mengiringi tari adalah seruling, bonang, dan saron.

Baca Juga  apakah d'topeng museum angkut itu

 

Dengan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa yang bukan merupakan alat musik melodis adalah drum (opsi D) karena drum termasuk dalam alat musik ritmis. Yang dimaksud dengan alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak menghasilkan nada namun berfungsi untuk mengatur ritme dalam musik. Alat musik jenis ini memiliki fungsi untuk menentukan tempo, mengiringi lagu, dan menandai bagian lagu. Selain drum, yang termasuk alat musik ritmis adalah gong, jimbe, dan triangle.