kapankah bumi beredar dan kapan pula hancur menurut ilmu alam

kapankah bumi beredar dan kapan pula hancur menurut ilmu alam

 

Dari kecil, diajarkan berbagai macam ajaran-ajaran yang terdapat dalam Pendidikan Agama Islam sejak saat di bangku Sekolah Dasar atau bahkan sebelumnya. Salah satu ajaran yang didapatkan dari Pendidikan Agama Islam yakni rukun iman. Seperti yang diketahui, ada 6 rukun iman yang harus diimani oleh seluruh umat manusia yang beragama islam. Rukun iman tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Iman kepada Allah : yakni seluruh umat muslim di semua penjuru dunia harus mengimani dan meyakini bahwa Allah itu ada, Allah yang mengatur segalanya yang ada di dunia ini. Oleh karena itu, kita sebagai umat muslim harus mengerjakan sholat 5 waktu, mengaji, bersedekah, dan hal-hal kebaikan lainnya.
  2. Iman kepada Malaikat Allah : yakni rukun iman yang kedua, percaya bahwa malaikat merupakan utusan Allah dan memiliki tugasnya masing-masing. Seperti malaikat Izrail yang bertugas untuk mencabut nyawa, malaikat Jibril yang bertugas untuk menyampaikan wahyu kepada Rasulullah dan masih banyak lainnya.
  3. Iman kepada kitab-kitab Allah : yakni merupakan rukun iman yang ketiga, dimana seluruh umat muslim memiliki Al-Qur’an sebagai pedoman hidup agar dapat menjauhi hal-hal yang terlarang dan berbuat kebaikan.
  4. Iman kepada Rasul-Rasul Allah : yakni mengimani ajaran yang disampaikan oleh para Rasulullah terdahulu
  5. Iman kepada Hari Akhir : yakni meyakini bahwa hari akhir itu akan terjadi pada suatu saat nanti. Oleh karena itu, perbanyak amal kebaikan dan menjauhi perbuatan-perbuatan yang terlarang contohnya seperti berjudi, berzina dan hal-hal lain semacamnya.
  6. Iman kepada Qada dan Qadar : yakni percaya dengan sepenuh hati bahwa Allah telah menentukan segala sesuatu yang akan terjadi pada mahluknya.

Pada point ke lima yakni iman kepada hari akhir menandakan bahwa percayanya umat manusia pada hari kiamat dimana seluruh alam semesta akan hancur berkeping-keping, dalam ilmu alam, bumi yang merupakan salah satu planet dalam tata surya terbentuk sekitar 4,54×10⁹ tahun yang lalu melalui akresi dari nebula matahari. Bumi juga akan hancur jika bumi menjauh dari matahari karena persediaan oksigen dan helium yang habis. Menurut ilmu alam bumi akan hancur dalam 2,8 miliar tahun kedepan. Namun kiamat dapat terjadi kapan saja jika Allah menghendaki.

Baca Juga  Orang yang tidak percaya adanya qada dan qadar termasuk orang yang

Berdasarkan pembahasan singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa bumi yang merupakan salah satu planet dalam tata surya terbentuk sekitar 4,54×10⁹ tahun yang lalu melalui akresi dari nebula matahari. Bumi juga akan hancur jika bumi menjauh dari matahari karena persediaan oksigen dan helium yang habis. Menurut ilmu alam bumi akan hancur dalam 2,8 miliar tahun kedepan.