Pengertian kiamat sugra dan kubra

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pengertian kiamat sugra dan kubra

Pengertian dari kiamat sugra secara bahasa dalam bahasa indonesia adalah kiamat kecil. Sedangkan pengertian dari kiamat kubra secara bahasa dalam bahasa indonesia adalah kiamat besar. Kiamat sughra menjelaskan tentang peristiwa binasanya atau matinya sebagian makhluk, sedangkan kiamat kubra merupakan suatu peristiwa berakhirnya kehidupan semua makhluk baik yang ada di bum maupun semua makhluk yang ada di langit.

Pembahasan

Iman kepada hari kiamat merupakan salah satu bagian dari rukun iman yang wajib di yakini oleh umat islam. Tidak lengkap keimanan seseorang jika tidak mau beriman kepada hari kiamat. Orang yang tidak beriman kepada hari kiamat juga menunjukkan bahwa keimanannya kepada Allah, kepada kitab Allah dan kepada rasul utusan Allah juga lemah. Karena dalam ayat-ayat al qur’an yang merupakan kitab Allah yang berisi wahyu dari Allah dan dalam hadist-hadist nabi yang merupakan hal-hal yang berasal dari nabi muhammad telah menjelaskan tentang kewajiban beriman kepada hari kiamat.

Hari kiamat tidak ada yang mengetahui kapan peristiwanya akan terjadi. Hanya Allah yang memiliki ilmu tentang kapan hari kiamat terjadi sedangkan semua makhluk tidak memiliki ilmu tentang kapan hari kiamat. Akan tetapi, dalam beberapa hadist nabi menjelaskan tentang tanda-tanda dari akan terjadinya hari kiamat. Tanda-tanda terjadinya hari kiamat dalam hadist nabi muhammad terbagi menjadi 2 bagian yaitu tanda kiamat kecil atau tanda kiamat sughra dan juga tanda kiamat besar atau tanda kiamat kubra. Contoh tanda kiamat sughra adalah banyaknya maksiat yang merajalela di muka bumi dan lebih banyak jumlah perempuan dari pada laki-laki. Sedangkan tanda kiamat kubra adalah turunnya nabi isa dan juga munculnya dajjal

Baca Juga  Kegiatan ekonomi yang dilakukan rtk adalah

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang contoh peristiwa yang terjadi pada hari kiamat kubra, pada brainly.co.id/tugas/31930160
  2. Materi tentang pengertian dari hari kiamat, pada brainly.co.id/tugas/3674605
  3. Materi tentang dalil naqli yang menunjukkan bahwa hari kiamat pasti terjadi, pada brainly.co.id/tugas/13301320

==================

Detail Jawaban

Kelas : IX

Mata pelajaran : Agama Islam

Bab : Iman Kepada Hari Akhir

Kode : 9.14.3

#AyoBelajar

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Pengertian kiamat sugra dan kubra Semoga Membantu.