Tikus mempunyai kemampuan reproduksi tinggi karena

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Tikus mempunyai kemampuan reproduksi tinggi karena

Tikus mempunyai kemampuan reproduksi tinggi karena kemampuan reproduksi tinggi dengan masa kebuntingan singkat.

Pembahasan

Kingdom : Animalia  

Phylum : Chordata  

Subphylum : Vertebrata  

Class : Mammalia  

Ordo : Rodentia  

Family : Muridae  

Genus : Rattus  

Species : Rattus norvegicus.

Tikus merupakan hewan mamalia yang paling umum digunakan sebagai hewan percobaan pada laboratorium, dikarenakan banyak keunggulan yang dimiliki oleh tikus sebagai hewan percobaan, yaitu memiliki kesamaan fisiologis dengan manusia, siklus hidup yang relatif pendek, jumlah anak per kelahiran banyak, variasi sifat-sifatnya tinggi dan mudah dalam penanganan. Tikus (Rattus norvegicus) memiliki beberapa galur yang merupakan hasil persilangan sesama jenis, namun demikian galur yang akan digunakan untuk penelitian ini adalah Sparaque dawley.

Tikus sawah memiliki panjang kepala-badan 130-230 mm. Ekor biasanya lebih pendek daripada panjang kepala-badan yaitu 110-160 mm dengan rasio 0,96±1,3 persen. Tubuh bagian atas (dorsal) berwarna coklat kekuningan dengan bercak-bercak hitam di rambut. Tubuh bagian bawah (ventral) berwarna putih keabu-abuan. Warna pada permukaan atas kaki sama dengan badan sedangkan bagian bawah (karpal) berwarna coklat tua. Ekor berwarna coklat tua.

Tikus sawah termasuk hewan terestrial memiliki tonjolan pada telapak kaki kecil dan licin. Selain itu tikus sawah memiliki rambut agak kasar, bentuk moncong kerucut, bentuk badan silindris, warna badan bagian punggung coklat kelabu kehitaman, dan warna badan bagian perut kelabu pucat atau putih kotor. Ekor pada bagian atas dan bawah berwarna coklat hitam. Ekor relatif lebih pendek daripada kepala dan badan. Tikus betina memiliki puting susu 12buah,tiga pasang di bagian dada dan tiga pasang di bagian perut.

Baca Juga  Sebutkan alat dan media dalam menggambar

Tikus sawah dapat berkembang biak mulai umur 1,5-5 bulan. Setelah kawin, masa bunting memerlukan waktu 21 hari. Seekor tikus betina melahirkan rata-rata 8 ekor anak setiap kali melahirkan, dan mampu kawin lagi dalam tempo 48 jam setelah melahirkan serta mampu hamil sambil menyusui dalam waktu yang bersamaan. Selama satu tahun betina dapat melahirkan 4 kali, sehingga dalam satu tahun dapat dilahirkan 32 ekor anak dan populasi dari satu pasang tikus dapat mencapai 1200 ekor turunan.

Tikus betina dikelompokkan dalam kelas umur anak bila bobot tubuhnya kurang dari 60 g, sedangkan lebih dari 60 g dikategorikan dalam kelas umur dewasa. Tikus jantan dikelompokkan dalam kelas umur anak bila bobotnya kurang ari 90 g, sedangkan lebih dari 90 g dikategorikan dalam kelas umur dewasa.  

Tikus sawah juga memiliki kemampuan indra penciuman yang tajam. indra penciuman tikus berkembang dengan baik, sifat ini ditunjukkan oleh perilaku tikus yang sering menghendus-henduskan hidung pada saat mencium bahan pakan. Indera penciuman selain untuk mencari dan memilih pakan yang aman, biasanya dimanfaatkan untuk mencari dan mengenal jejak tikus yang merupakan komunitasnya. Indera penglihatannya kurang baik. Tikus buta warna terhadap warna merah. Indera penciumannya tajam. Hingga tikus dapat membedakan antara lawan dengan kawan. Bagi tikus yang birahi dapat dengan mudah mencari tikus pasangannya. Indera pendengarannya tajam, dapat menangkap getaran suara ultrasonik, tikus (10-100kHz), mencit (10-90 kHz). Respon yang paling baik pada tikus (40 kHz), mencit (20 kHz). Indera perasanya sangat baik. Mampu membedakan rasa pahit, rasa tidak enak dan rasa manis.  

Semoga jawaban ini dapat membantumu ya..  

Ayo kuasai materi pembelajaran lainnya melalui link di bawah ini!  

Baca Juga  Kata qadar secara bahasa berarti

Pelajari lebih lanjut :

1. Reproduksi seksual pada Myxomycotina

1. Reproduksi aseksual bintang laut

2. Reproduksi algae dengan cara

3. Reproduksi ascomycotina

Detail jawaban  

Kelas: 11 SMA

Mapel: Biologi

Bab: 9

Kode: 11.4.9

Kata Kunci: Tikus, reproduksi tinggi

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Tikus mempunyai kemampuan reproduksi tinggi karena Semoga Membantu.