Tari yang berasal dari sulawesi selatan

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Tari yang berasal dari sulawesi selatan

Penjelasan:

1. Tari Pakkuru Sumange

Info terkait dengan Tari Pakkuru Sumange Sulawesi Selatan dan keunikannya

Tari Pakkuru Sumange via Youtube

Tarian Pakkuru Sumange ialah tarian khas Soppeng yang berasal dari Sulawesi Selatan. Sumange mempunyai arti sukma. Dan jika diartikan Pakkuru Sumange artinya ‘memanggil sukma’. Bersimbol tentang kehidupan, tarian ini berharap agar damai kehidupannya, tenang banyak rezekinya, diberkahi Tuhan.

Pada umumnya, tarian ini dipentaskan sebagai tarian adat untuk menyambut tamu yang menggambarkan salam sejahtera bagi tamu yang datang dan tuan rumah serta mohon doa restu, lambang persahabatan dan keakraban.

2. Tari Kipas Pakarena

Informasi mengenai Tari Kipas Pakarena Sulawesi Selatan dan Propertinya

Tari Kipas Pakarena via Blogger

Tari Kipas Pakarena berasal dari daerah Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya daerah Goa. Dengan memainkan kipas, tarian ini dibawakan oleh para penari wanita dengan berbusana adat dan menari dengan gerakannya.

Berlaku umum, tari Kipas Pakarena ini sering ditampilkan di berbagai acara yang bersifat adat maupun hiburan. Sebuah terobosan yang patut diapresiasi bahwa Tari Kipas Pakarena ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata di Sulawesi Selatan, khususnya di daerah Gowa.

Pada pertunjukannya, Tari Kipas Pakarena biasanya ditampilkan oleh 5 sampai 7 orang penari wanita. Para penari berbusana berbusana adat dan diiringi musik pengiring yang dimainkan dari alat musik tradisional Indonesia yang sering disebut dengan Gondrong Rinci.

3. Tari Pattennung

Ulasan mengenai Tari Pattennung Sulawesi Selatan dan Pola Pantainya

Tari Pattennung via Youtube

Tari Patenung adalah tarian yang berasal dari Sulawesi Selatan yang menggambarkan wanita-wanita tampak sedang menenun. Pesan yang disampaikan lain yaitu sikap sabar dan tekun serta gigih para perempuan Toraja Sulawesi Selatan dalam menenun benang menjadi kain.

Baca Juga  Berikan contoh pola interaksi masyarakat nelayan dengan lingkungannya

Penari memakain pakaian adat khas Sulawesi Selatan yaitu berupa baju Bodo Panjang, Lipaq Sabbe (sarung), Curak Lakba, serta hiasan Bangkara, Rante Ma’bule, Ponto yang digunakan. Terkait dengan properti, mereka memakai sarung lempar.

Saat pertunjukkan, Tarian Pattennung ini diiringi oleh instrumen alat musik tradisional Suling dan Gendang.

4. Tari Ma’Gellu

Uraian mengenai Tari Ma’Gellu khas Sulawesi Selatan dan sejarahnya

Tari Ma’Gellu via WordPress

Tarian Ma’gellu termasuk menjadai tarian yang berasal dari Sulawesi Selatan. Pada awalnya dikembangkan di Distrik Pangalla’, sekitar 45 km ke arah Timur dari kota Rantepao, Kabupaten Toraja Utara.

Pada umumnya, tarian ini dipentaskan dalam acara upacara adat khusus yang disebut Ma’Bua’, yang berkaitan dengan upacara pentasbihan rumah adat Toraja/Tongkonan, atau keluarga penghuni tersebut telah melaksanakan upacara Rambu Solo’ yang sangat besar (Rapasaan Sapu Randanan).

Waktu berjalan, kini tarian Ma’gellu’ juga dipertunjukkan di upacara kegembiraan seperti pesta perkawinan, syukuran panen, dan acara penerimaan tamu terhormat dari luar daerah.

5. Tari Pa’Pangngan

Aneka informasi Tari Pa’Pangngan Ciri Khas Sulawesi Selatan dan Asal Daerahnya

Tari Pa’Pangngan via Blogger

Tarian Pa’pangngan adalah tarian tradisional Sulawesi Selatan yang dilakukan oleh gadis-gadis cantik memakai baju hitam atau gelap dan menggunakan ornamen khas Toraja seperti kandaure.

Arti dari Pangngan Ma adalah menari saat menerima tamu-tamu terhormat yang menyambut dengan kata-kata Tanda mo Pangngan mali’ki.

Kata Panggan sendiri berarti sirih. Yakni kata-kata dan penawaran sirih menunjukkan nilai ditempatkan pada kunjungan dan menegaskan bahwa para tamu telah diterima dan sekarang dianggap sebagai bagian dari masyarakat Toraja.

Masing-masing penari memegang sirih (pangngan) sebagai penawaran secara simbolis. Sirih ditempatkan dalam kantong di depan mereka. Dan kantong tersebut dikenakan oleh wanita lanjut usia (lansia) kebanyakan di desa-desa dan mengandung bahan untuk sirih mengunyah sirih pinang campuran.

Baca Juga  Sebutkan fungsi dari gambar cerita

6. Tari Gandrang Bulo

Info terkait artikel Tari Gandrang Bulo Sulawesi Selatan dan Keunikannya

Tari Gandrang Bulo via Youtube

Tari Gandrang Bulo merupakan tarian dari daerah Sulawesi Selatan. Tarian ini dinyatakan sebagai salah satu simbol penting bagi masyarakat Makassar. Ketika ada pesta rakyat, biasanya ditampilkanlah tarian ini.

Kata Gandrang Bulo berasal dari dua kata, yaitu “Gandrang” mempunyai arti Tabuhan atau pukulan dan “Bulo” yang meiliki arti Bambu. Yang membedakan dengan tarian lain, diselipkan berbagai humor yang membuat para penontonnya tertawa ketika dipentaskan. Catatan penting bagi penari yang akan membawakannya, yaitu harus terlihat bahagia.

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Tari yang berasal dari sulawesi selatan Semoga Membantu.