Tari nusantara yang pola lantainya segi empat diantaranya adalah

Berikut Ini adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Tari nusantara yang pola lantainya segi empat diantaranya adalah

Jawaban:

D. Kerang

Penjelasan:

Tari tradisional nusantara yang memakai atau menggunakan pola lantai segi empat:

1. Tari Kerang adalah tari yang berasal nusa tenggara timur

2. Tari Saman adalah tarian Suku Gayo dengan bahasa suku Gayo untuk merayakan penting dalam adat yang didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, ulama dari Gayo di Aceh Tenggara.

3. Tari Baris Gede adalah jenis tarian sakral di Bali yang telah ada pada abad ke-8 yang dipentaskan dalam upacara di pura dengan jenis tari kelompok baris massal yang ditarikan secara berkelompok dalam jumlah tertentu.

4. Tari Perang adalah tarian oleh seseorang, dua orang, atau berkelompok bermakna semangat dan cara berperang dengan tangan kosong atau senjata tradisional yang dipentaskan menyambut tamu penting, upacara mengenang perjuangan nenek moyang, atau sebelum dan sesudah Perang Suku. Contoh tarian perang yang terkenal adalah Tari Velabhea dari Papua, Tari Cakalele dari Maluku dan Tari Caci dari Flores. Dikalangan Suku Dayak ada Tari Perang magis yang ditarikan untuk memanggil Panglima Burung ketika sebuah peperangan yang sesungguhnya akan berlangsung.

5. Tari Zapin adalah tari adat khas Riau dari akulturasi dua kebudayaan, yakni budaya Arab dan budaya Melayu pada masa lalu yang diperankan berpasangan untuk acara dan hiburan masyarakat. Awalnya hanya di wilayah Kesultanan Yaman, Timur Tengah pada zaman dahulu. Sebutan Zapin diambil dari kata “Zafn” yakni dari bahasa Arab yang artinya gerak cepat.

6. Tari Lengger atau disebut juga ronggeng adalah kesenian asli Banyumas berupa tari tradisional yang dimainkan oleh 2 sampai 4 orang serupa wanita yang didandani dengan pakaian khas.

Baca Juga  Komputer digital pertama kali diciptakan oleh

7. Tari Yospan yang kepanjangan dari yosim pancar adalah tarian pergaulan yang sering dibawakan muda-mudi sebagai bentuk persahabatan. Tari dari gabungan dari tari yosim dan tari pancar. Tari yosim pancar punya 2 regu pemain, regu musisi dan penari. Penari yospan punya jenis gerakan yang terkenal seperti pancar gas, gale-gale, jef, pacul tiga, seka, dan lain-lain.

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Tari nusantara yang pola lantainya segi empat diantaranya adalah Semoga Membantu.