Pengelolaan air salah satunya harus memenuhi syarat kimia yaitu

Inilah Jawaban Soal Sekolah Tentang Pengelolaan air salah satunya harus memenuhi syarat kimia yaitu

Pengelolaan air salah satunya harus memenuhi syarat kimia, yaitu pH air harus dalam kondisi normal (jawaban: A). Syarat kimia air bersih antara lain memiliki pH netral (antara 6,8 sampai 9,0), tidak mengandung zat kimia beracun, tidak mengandung garam atau ion-ion logam berbahaya, kesadahan rendah, dan tidak mengandung bahan organik.  

Pembahasan

Pengelolaan air harus memenuhi 3 parameter yaitu parameter mikrobiologis, parameter kimia dan parameter fisika.

Parameter mikrobilogis  yaitu air harus terhindar dari kontaminasi bakteri racun atau bakteri pathogen penyebab penyakiit seperti Escherichia sp, Clostridium sp dan Salmonella sp.

Parameter fisik yaitu air harus jernih, tidak keruh, tidak berbau dan tidak berasa dan tidak berwarna, suhu normal, tidak ada endapan.

Parameter kimia yaitu air bersih tidak boleh mengandung larutan logam berat, seperti Hg, Ni, pb, Zn dan Ag, ataupun zat beracun, hidrokarbon dan deterjen dam pH air normal.

Air bersih merupakan kebutuhan sehari-hari yang tidak dapat tergantikan. Sumber air bersih dapat diperoleh dari air sumur, air PDAM, dan mata air di pegunungan.

Dalam penentuan kualitas air kita menggunakan indikator pencemaran air, yaitu antara lain:

  1. Jumlah zat terlarut, jika air telah tercemar maka jumlah zat terlarutnya lebih dari 1000 mg per liter air.
  2. pH atau tingkat keasaman, jika air telah tercemar maka pH nya tidak netral, dapat terlalu asam atau terlalu basa.
  3. DO atau Dissolved Oxygen atau Oksigen terlarut, jika air telah tercemar maka kandungan DO nya kurang dari 5 ppm oksigen.
  4. BOD atau Biologycal Oxygen Demand atau oksigen yang dipakai oleh bakteri pengurai, jika air tercemar maka BOD nya juga tinggi sehingga akan mengurangi kandungan DO nya.
  5. COD atau Chemical Oxygen Demand atau oksigen yang dipakai untuk reaksi zat zat kimia, jika air tercemar zat kimia maka COD nya tinggi sehingga mengurangi kadar DO nya.
Baca Juga  Kerjasama internasional diperlukan oleh setiap negara karena

Detil jawaban

Kelas: 10

Mapel: biologi

Bab: ekologi

Kode: 10.4.10

#AyoBelajar

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Pengelolaan air salah satunya harus memenuhi syarat kimia yaitu Semoga Membantu.