Unsur unsur yang terletak pada periode yang sama mempunyai

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Unsur unsur yang terletak pada periode yang sama mempunyai

Mata pelajaran : Kimia
Kelas : X SMA
Kategori : Sistem periodik unsur
Kode kategori berdasarkan kurikulum KTSP : 10.7.3
Kata kunci : unsur satu periode

Jawaban : D
Unsur yang terletak dalam satu periode memiliki jumlah kulit yang sama. Sebagai contoh unsur K nomor atomnya 19 (golongan IA/ periode 4) dan unsur Br nomor atomnya 35 (golongan VIIA/ periode 4) sama-sama terletak pada periode 4.

Pembahasan :
Sistem periodik modern yang digunakan saat ini merupakan kumpulan unsur-unsur yang disusun berdasarkan kenaikan nomor atom dan kemiripan sifatnya. Selain ini, unsur-unsur dalam tabel periodik dikelompokkan berdasarkan golongan dan periode. Golongan adalah lajur vertikal dari atas ke bawah sedangkan periode adalah baris yang mendatar dari kiri ke kanan.

Dalam sistem periodik, golongan dibagi menjadi 2 yaitu golongan utama dan golongan transisi dalam. Golongan utama terdiri dari golongan A dan B yang masing-masing terbagi dalam 8 golongan. Golongan transisi dalam terdiri dari 2 bagian yaitu lantanida dan aktinida. Baris dalam sistem periodik terdiri dari 7 periode.

Letak unsur menurut golongan dan periodenya dalam tabel periodik dapat ditentukan dari konfigurasi elektron. Komfigurasi elektron adalah susunan elektron suatu atom sesuai dengan tingkat energinya. Tingkat energi yang ditempati elektron disebut dengan kulit atom. Unsur-unsur yang memiliki jumlah kulit yang sama akan ditempatkan dalam satu periode. Unsur-unsur yang memiliki jumlah elektron valensi yang sama akan diletakkan dalam satu golongan.

Sebagai contoh :
A nomor atomya 20 dengan atom B nomor atomya 34 sama-sama terletak pada periode 4.
Konfigurasi atom A : 2 8 8 2 (golongan IIA/ periode 4)
Konfigurasi atom B : 2 8 18 6 (golongan VIA/ periode 4)

Baca Juga  Masyarakat patembayan adalah masyarakat yang bersifat

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Unsur unsur yang terletak pada periode yang sama mempunyai Semoga Membantu.