,

Rekomendasi 6 Aplikasi Backup Data Android

by
Rekomendasi Aplikasi Backup Data Android

Memiliki data yang penting merupakan salah satu hal yang cukup diperhatikan bagi beberapa kalangan, tak terkecuali pengguna Android. Mengantisipasi kerusakan pada perangkat android adalah hal yang perlu kita perhatikan, tahukan kamu bila android mengalami kerusakan dan tidak bisa membackup data maka seluruh data yang kamu miliki akan menghilang ? pasti itu akan terjadi bila kamu tidak melakukan backup data secara rutin

Cara Backup Data Menggunakan Aplikasi Android

Maka dari itu berikut akan dibahas mengenai rekomendasi aplikasi backup data Android yang aman untuk kalian gunakan sebagai tempat pencadangan data pada handphone android kalian.

Google Backup

 

Aplikasi yang berada di peringkat pertama untuk rekomendasi pembahasan ini ialah Google Backup. Google Backup memiliki kualitas dalam backup data di android dengan kualitas tinggi. Anda tidak perlu menyiapkan waktu yang lama dalam backup data ketika akan dilaksanakan.

Selain kualitas dan waktu yang ditawarkan cukup efisien dalam proses backup data, menemukan aplikasi Google Backup pun cukup mudah untuk dilakukan. Aplikasi Google Backup dapat diunduh secara gratis melalui playstore atau website penyedia layanan yang terjamin keamanannya.

Langkah yang dilaksanakan untuk mencadangkan data dan setelan Android pun cukup mudah. Yang pertama buka Android Anda dan segera menuju ke aplikasi setelan. Jika sudah, ketuk sistem pada pencadangan. Setelah itu, telusuri pada kotak pencarian dengan mengetik ‘pencadangan’.

Langkah terakhir, silahkan aktifkan layanan pencadangan pada Android Anda. Namun jika Anda menggunakan tipe Android berbentuk tablet. Perhatikan aturan bahwasanya pada tablet yang digunakan secara bersamaan. Hanya pemilik utama yang mampu mengatur opsi pencadangan dan penyetelan ulang.

[artikel]

Super Backup & Restore

Urutan kedua pada pembahasan berikut, terdapat aplikasi backup data Android yakni Super Backup & Restore. Sama seperti rekomendasi aplikasi backup data lainnya, Super Backup & Restore dapat diunduh melalui playstore atau website penyedia layanan terpercaya.

Selain aplikasi yang berbasis gratis, Anda juga dapat melakukan backup data secara keseluruhan. Mulai dari pembuatan file cadangan log panggilan, bookmarks, aplikasi, kalender, dan data lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga mampu menyimpan hasil backup ke dalam memori SD Card atau ke akun Google E-mail.

Untuk langkah panduan yang akan dilaksanakan pun cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan pengaturan untuk mengaktifkan otomatis backup. Setelah itu, Anda tentukan jadwal backup yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Jika sudah, Anda akan menerima pemberitahuan yang tersedia.

Baca Juga  Cara Menyalin Lembar Kerja Excel

Ketika pemberitahuan sudah muncul, artinya proses backup akan disetujui sesuai dengan jadwal yang Anda inginkan. Jika sudah selesai, Anda hanya cukup mengunggah backup tersebut ke Google E-mail, Google Drive, atau WiFi yang tersedia. Proses backup data pun sudah selesai dilaksanakan.

Helium

 

Yang ketiga terdapat aplikasi backup data pada Android bernama Helium. Nama lengkap bagi aplikasi ini ialah Helium – App Sync and Backup. Memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri, aplikasi Helium ini dapat mencadangkan data milik Android Anda ke atau dari Personal Computer yang tersedia.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan ialah mengunduh aplikasi Helium yang terdapat di Play Store. Pastikan Android Anda sudah diroot terlebih dahulu, dan jika belum Anda dapat mengaktifkannya terlebih dahulu menggunakan Personal Computer yang tersedia.

Selanjutnya buka aplikasi Helium pada Desktop yang tersedia. Hubungkan sistem Android milik Anda dengan Personal Computer yang tersedia dengan mengaktifkan mode USB Debugging. Tunggu hingga proses pengaktifan antara Personal Computer dengan Android sudah selesai.

Setelah proses selesai, langkah terakhir Anda buka aplikasi Helium pada perangkat Android. Lalu pilah folder atau data yang akan dibackup. Centang dan backup seluruh data yang tersedia. Jika sudah, Anda klik tombol Backup dan pilih lokasi penyimpanan untuk file cadangan nantinya.

Titanium Backup

 

Yang keempat pada pembahasan ini terdapat rekomendasi aplikasi backup data Android yang umum untuk digunakan yakni Titanium Backup. Aplikasi Titanium Backup dapat diunduh melalui PlayStore yang tersedia atau website penyedia jasa layanan terpercaya.

Sama seperti aplikasi backup data yang lainnya, Titanium Backup menawarkan pengelolaan data yang dibackup dengan penyimpanan yang cukup mudah untuk dilakukan. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yakni jalankan terlebih dahulu aplikasi Titanium Backup dan klik Restore.

Setelah itu, klik data yang akan di backup dengan tombol “Backup!” yang tersedia. Tunggu hingga proses berjalan selesai, sistem akan memproses dan memberi pemberitahuan ketika backup data sudah selesai. Sebagai pengingat, Anda tidak diperbolehkan keluar aplikasi saat proses backup dilaksanakan.

Jika sudah selesai biasanya pada aplikasi lain yang tersedia, Backup Data biasanya akan tersimpan secara otomatis di folder eksternal Android Anda. Namun di Titanium Backup, format yang tersedia ialah Zip (bukan dalam ekstensi aplikasi). Sehingga Anda perlu mengunduh ulang data tersebut pada Personal Computer.

Baca Juga  12 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris yang Paling Direkomendasikan

App Backup & Restore

 

Selanjutnya terdapat aplikasi backup data paling fenomenal yakni App Backup & Restore. Mengapa disebut paling fenomenal? Anda harus mengetahui bahwasanya fungsi yang tersedia pada aplikasi backup data ini ialah 2, yakni Backup & Restore. Selain itu, kualitasnya pun sangat aman dan nyaman untuk digunakan.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yakni mengunduh aplikasi App Backup & Restore melalui PlayStore atau website penyedia layanan yang tersedia. Pastikan unduhan melalui penyedia yang terverifikasi keamanannya. Selanjutnya, Anda hanya tinggal memilah aplikasi dan melaksanakan backup data.

Aplikasi App Backup & Restore dinilai cukup efektif untuk melaksanakan pencadangan dua arah, baik melalui Android maupun Personal Computer. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan untuk melaksanakan pengarsipan, atau penghapusan cadangan data.

Selain itu, Anda juga dapat melaksanakan backup data melalui antarmuka dengan pengguna lain. Misalnya jika Anda ingin melaksanakan backup data dengan layanan servis yang tersedia. Layanan antarmuka yang tersedia ini memungkinkan Anda untuk dapat melaksanakan backup data secara cepat dan tepat.

G Cloud Backup

Rekomendasi aplikasi backup data Android terakhir yakni G Cloud Backup. Aplikasi ini memiliki tampilan putih biru berbasis awan. Dimana pengguna yang ingin melaksanakan backup data tidak hanya terbatas pada file-file tertentu, namun juga dapat melalui kontak, aplikasi, sistem, dan lain sebagainya.

Anda hanya perlu mengunduh G Cloud Backup melalui PlayStore atau website resmi penyedia jasa layanan yang tersedia. Jika sudah siapkan kartu SD Eksternal untuk proses backup data yang akan dilakukan. Perlu diingat untuk proses backup, hasil yang diperoleh akan terkirim pada perangkat eksternal Anda.

[artikel]

Proses pencadangan atau backup data pada G Cloud Backup juga memiliki kemudahan tersendiri. Yakni Anda tidak perlu melaksanakan root pada sistem Android yang tersedia. Anda hanya cukup menjalankan aplikasi tersebut dengan dua arah yakni pada Android dan Personal Computer yang ada.

Ruang penyimpanan yang disediakan oleh G Cloud Backup yakni sebesar 1 GigaByte untuk setiap pemakaian. Fasilitas yang cukup menguntungkan bagi para pengguna dalam melaksanakan backup data. Selain itu, pengguna pun dapat memanfaatkan untuk proses backup data yang akan dilaksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *