Jarak nada interval prime adalah

Inilah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jarak nada interval prime adalah

Jarak nada interval prim adalah jarak antara satu not dengan not lain yang sama.

\\

PEMBAHASAN

Tahukah kamu apa itu not dalam musik? Not merupakan berbagai lambang yang digunakan untuk melambangkan tinggi rendahnya suara atau juga durasinya. Not dapat dilambangkan berdasarkan frekuensinya atau intervalnya.

Berdasarkan teori musik, interval merupakan jarak antara satu nada dengan satu nada lainnya. Misalnya, interval antara nada do dengan do tinggi adalah oktaf. Berikut ini adalah jenis-jenis interval dalam musik.

  1. Perfect unison atau prim: jarak antara satu not dengan satu not lain adalah 0 nada (kedua not adalah sama), misalnya not C4 dengan C4. Perfect unison disingkat sebagai P1.
  2. Minor second atau minor kedua: jarak antara satu not dengan satu not lain adalah 1/2 nada atau 1 setengah-nada, misalnya not C4 dengan C♯4/D♭4. Minor second disingkat sebagai m2.
  3. Major second atau sekon: jarak antara satu not dengan satu not lain adalah 1 nada atau 2 setengah-nada, misalnya not C4 dengan D4. Major second disingkat sebagai M2.
  4. Minor third atau minor ketiga: jarak antara satu not dengan satu not lain adalah 1(1/2) nada atau 3 setengah-nada, misalnya not C4 dengan D♯4/E♭4. Minor third disingkat sebagai m3.
  5. Major third atau terts: jarak antara satu not dengan satu not lain adalah 2 nada atau 4 setengah-nada, misalnya not C4 dengan E4. Major third disingkat sebagai M3.
  6. Perfect fourth atau kuart: jarak antara satu not dengan satu not lain adalah 2(1/2) nada atau 5 setengah-nada, misalnya not C4 dengan F4. Perfect fourth disingkat sebagai P4.
  7. Tritone: jarak antara satu not dengan satu not lain adalah 3 nada atau 6 setengah-nada, misalnya not C4 dengan F♯4/G♭4. Tritone disingkat sebagai TT.
  8. Perfect fifth atau kuint: jarak antara satu not dengan satu not lain adalah 3(1/2) nada atau 7 setengah-nada, misalnya not C4 dengan G4. Perfect fifth disingkat sebagai P5.
  9. Minor sixth atau minor keenam: jarak antara satu not dengan satu not lain adalah 4 nada atau 8 setengah-nada, misalnya not C4 dengan  G♯4/A♭4. Minor sixth disingkat sebagai m6.
  10. Major sixth atau sekt: jarak antara satu not dengan satu not lain adalah 4(1/2) nada atau 9 setengah-nada, misalnya not C4 dengan A4. Major sixth disingkat sebagai M6.
  11. Minor seventh atau minor ketujuh: jarak antara satu not dengan satu not lain adalah 5 nada atau 10 setengah-nada, misalnya not C4 dengan A♯4/B♭4. Minor seventh disingkat sebagai m7.
  12. Major seventh atau sept: jarak antara satu not dengan satu not lain adalah 5(1/2) nada atau 11 setengah-nada, misalnya not C4 dengan B4. Major seventh disingkat sebagai M7.
  13. Perfect octave atau oktaf: jarak antara satu not dengan satu not lain adalah 6 nada atau 12 setengah-nada, misalnya not C4 dengan C5. Interval do dan do tinggi adalah interval ini, yaitu perfect octave atau oktaf. Ini berarti, jarak antara do dan do tinggi adalah 1 oktaf. Perfect octave disingkat sebagai P8.
Baca Juga  Tari payung yang berasal dari sumatera barat memiliki makna

\\

PELAJARI LEBIH LANJUT

Nada dan karakteristiknya:

Nilai dan bentuk not balok:

\\

DETAIL JAWABAN

Mapel: Seni Budaya

Kelas: 5

Materi: Bermain musik

Kode Kategorisasi: 5.19.6

#TingkatkanPrestasimu

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jarak nada interval prime adalah Semoga Membantu.