Sebutkan ciri ciri tangga nada mayor dan minor

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan ciri ciri tangga nada mayor dan minor

Ciri-ciri tangga nada mayor adalah sebagai berikut:

  • Memiliki pola interval nada yaitu: 1-1-1/2-1-1-1-1/2
  • Urutan tangga nada mayor relatif terhadap tangga nada kromatik dengan nada pertama yang dimainkan adalah nada Do, sehingga urutan nadanya adalah: Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si.
  • Memiliki nama lain yaitu tangga nada atau skala atau modus Ionian.
  • Lagu yang menggunakan tangga nada mayor pasti diakhiri dengan akor mayor.
  • Sering digunakan pada lagu-lagu umum, terutama lagu yang bertema ceria. Karena umum penggunaannya, tidak jarang kita juga akan menemukan lagu-lagu—dalam modus Ionian—yang bertema sedih, serius, dll.
  • Contoh lagu yang menggunakan tangga nada mayor: Mengheningkan Cipta. Lagu ini diakhiri dengan nada Do dengan akor mayor. Oleh karena itu, walaupun lagunya bertema serius atau bahkan sedih, tidaklah salah untuk mengatakan bahwa lagu Mengheningkan Cipta menggunakan tangga nada mayor atau modus Ionian.

Ciri-ciri tangga nada minor adalah sebagai berikut:

  • Memiliki pola interval nada yaitu 1-1/2-1-1-1/2-1-1
  • Urutan tangga nada minor relatif terhadap tangga nada mayor dengan nada pertama yang dimainkan adalah nada La, sehingga urutan nadanya relatif terhadap tangga nada mayornya adalah: La, Si, Do, Re, Mi, Fa, Sol.
  • Memiliki nama lain yaitu tangga nada atau skala atau modus Aeolian.
  • Lagu yang menggunakan tangga nada minor pasti diakhiri dengan akor minor.
  • Sering digunakan pada lagu-lagu bertema serius, penuh penghayatan, dan sedih, walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa tangga nada minor dapat digunakan pada lagu-lagu bertema ceria.
  • Contoh lagu yang menggunakan tangga nada minor: Syukur. Lagu Syukur diakhiri dengan nada La dengan akor minor. Oleh karena itu, lagu Syukur menggunakan tangga nada minor atau modus Aeolian.
Baca Juga  Bagaimana cara menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat

\\

PEMBAHASAN

Apakah tangga nada itu? Tangga nada atau skala dalam musik merupakan himpunan nada yang tersusun berurutan sesuai dengan polanya masing-masing. Tangga nada terbentuk dengan memerhatikan pola interval nada dalam himpunan nadanya.

Misalnya, tangga nada mayor memiliki pola interval nada yaitu: satu nada, satu nada, setengah nada, satu nada, satu nada, satu nada, setengah nada (1-1-1/2-1-1-1-1/2). Tangga nada mayor sangat sering digunakan dalam musik. Oleh karena itu, ada banyak sekali lagu yang pernah kamu dengar sebenarnya menggunakan tangga nada mayor, bahkan lagu yang terdengar sedih dan serius sekalipun.

Contohnya yaitu lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, Bagimu Negeri, Halo Halo Bandung, Ibu Pertiwi, dll. Mengapa lagu-lagu ini menggunakan tangga nada mayor? Karena lagu-lagu tersebut diakhiri dengan nada Do dengan akor mayor.

Sementara itu, tangga nada minor memiliki pola interval nada yaitu: satu nada, setengah nada, satu nada, satu nada, setengah nada, satu nada, satu nada (1-1/2-1-1-1/2-1-1). Dalam sejarah musik, tangga nada minor memang sering digunakan pada lagu yang bertema sedih atau serius.

Contonya yaitu lagu Syukur dan Bubuy Bulan. Lagu-lagu ini disebut menggunakan tangga nada minor karena diakhiri dengan nada La dengan akor minor.

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan ciri ciri tangga nada mayor dan minor Semoga Membantu.