Induk organisasi bola basket dunia

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Induk organisasi bola basket dunia

Nama induk organisasi bola basket dunia adalah FIBA. FIBA adalah Federation Internationale de Basketball. FIBA mengatur berbagai aturan bola basket di dunia. FIBA didirikan pada tanggal 18 juni 1932 di Jenewa, Swish. Negara pendiri fiba yakni Yunani, Italia, Argentina, Latvia, Portugal, Rumania, Swiss, dan Cekoslowakia.

Pembahasan

FIBA atau Federation Internationale de Basketball adalah organisasi bola basket internasional yang mengatur berbagai aturan permainan bola basket dunia. FIBA didirikan pada tanggal 18 juni 1932 di Jenewa, Swish. Pembentukan FIBA dipelopori oleh beberapa negara yakni Italia, Yunani, Argentina, Latvia, Portugal, Rumania, Swiss, dan Cekoslowakia. Organisasi FIBA memiliki tugas untuk menghelat pertandingan bola basket antar negara seperti kejuaraan bola basket dunia, kejuaraan bola basket pada olimpiade, dan kejuaraan dunia antar klub bola basket.

Disetiap negara yang menyelenggarakan pertandingan bola basket memiliki sebuah organisasi tersendiri yang berkedudukan dibawah naungan FIBA. Seperti di Indonesia, organisasi untuk olahraga bola basket adalah PERBASI atau singkatan dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia. Perbasi didirikan pada tanggal 23 oktober 1951. Perbasi menganut sistem vertikal berjenjang, mulai dari pengurus daerah perbasi hingga pengurus besar perbasi, atu yang dikenal sebagai PB Perbasi.

Pelajari lebih lanjut

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 9 SMP

Mapel: Penjaskes

Bab: Bab 12 – Permainan Bola Basket

Kode: 9.22.12

Kata Kunci: bola basket, organisasi, olah raga.

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Induk organisasi bola basket dunia Semoga Membantu.

Baca Juga  Rumusan masalah yang tepat berdasarkan judul percobaan tersebut adalah