Teknik mengolah sumber sumber sejarah kemudian menafsirkannya dinamakan

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Teknik mengolah sumber sumber sejarah kemudian menafsirkannya dinamakan

Teknik mengolah sumber-sumber sejarah kemudian menafsirkannya dinamakan?

a. diakronik

b. sinkronik

c. analisis

d. interpretasi

e. kausalitas

Pembahasan

Interpretasi merupakan tahapan penulisan sejarah yang dilakukan setelah dilaluinya pencarian sumber, dan melakukan kritik sumber.

Setelah kita mendapatkan sumber-sumber sejarah yang relevan dengan topik penulisan sejarah baik itu dari arsip, dokumen, buku, lontarak, naskah, candi dan lain sebagainya, hingga telah menguji sumber sejarah baik dari segi fisik dan isi dalam sumber sejarah, maka kita masuk ke dalam tahap interpretasi.

Pada tahap interpretasi, kita sedang berada pada proses penafsiran data yang terdiri dari dua bentuk, yakni analisis dan sintesis.

Meskipun interpretasi merupakan biang dari subjektivitas, tetapi interpretasi merupakan langkah yang penting karena tanpa interpretasi, kita tidak dapat mengetahui dan mengerti apa maksud dari sumber sejarah yang kita percayakan sebagai sumber yang relevan dengan penulisan sejarah yang akan diambil.

Pelajari lebih lanjut

Sebuah interpretasi terhadap sumber sejarah dikatakan bersifat subjektif

jelaskan pengertian interpretasi

========================

Detil Jawaban

Kode          : 10.3.1

Kelas          : 10 SMA

Mapel         : Sejarah

Bab             : Konsep Sejarah

Kata Kunci  :  teknik mengolah sumber-sumber sejarah kemudian menafsirkannya dinamakan

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Teknik mengolah sumber sumber sejarah kemudian menafsirkannya dinamakan Semoga Membantu.

Baca Juga  Injit injit semut berasal dari