Kitab yang menjadi sumber sejarah kerajaan majapahit adalah

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Kitab yang menjadi sumber sejarah kerajaan majapahit adalah

Beberapa Kitab Sejarah Jaman Majapahit

– Kitab Sotasoma

Kitab ini merupakan karangan Empu Tantular, yang menceritakan riwayat Sotasoma, yaitu seorang anak raja yang menjadi pendeta Buddha dan mengorbankan dirinya demi kepentingan umat manusia.

– Kitab Calon Arang

Kitab yang tidak diketahui pengarangnya tersebut menceritakan tentang tukang tenung yang bernama Calon Arang yang hidup pada masa pemerintahan Airlangga. Konon Calon Arang memiliki seorang anak yang sangat cantik, namun tak ada yang berani meminangnya. Calon Arang yang merasa terhina kemudiam menyebarkan penyakit di seluruh negeri. Ia kemudian dibunuh oleh Empu Bharada atas perintah Raja Airlangga.

– Kitab Arjunawijaya

Kitab ini juga dikarang oleh Empu Tantular dan menceritakan kisah Arjuna Sasrabahu yang mengalahkan raksasa.

– Tantu Panggelaran

Kitab ini juga tidak diketahui pengarangnya. Menceritakan tentang pemindahan gunung Mahameru ke Pulau Jawa oleh Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa. Runtuhan Mahameru yang tersebar sepanjang pulau Jawa kemudian menjadi gunung-gunung di Jawa.

– Kitab Kunjarakarna

Tidak diketahui siapa pengarangnya. Kitab ini menceritakan tentang seorang raksasa bernama Kunjarakarna yang ingin menjadi manusia. Keinginannya terkabul karena ia taat kepada ajaran yang diajarkan agama Buddha.

– Kitab Sudayana

Kitab yang ditulis dalam bentuk kidung ini bercerita tentang sebuah rencana pernikahan yang berubah menjadi sebuah pertempuran antara kerajaan Pajajaran dan kerajaan Majapahit di bawah pimpinan seorang raja bernama Gajah Mada. Dalam pertempuran itu menyebabkan terbunuhnya Raja Sri Baduga Maharaja yang berasal dari Sunda. Peristiwa ini kemudian dinamakan Peristiwa Bubat.

– Kitab Pararaton

Baca Juga  Bernyanyi tanpa iringan alat musik disebut

Kitab ini juga menceritakan tentang Peristiwa Bubat, beberapa dongeng tentang raja-raja Singasari dan Majapahit, serta pemberontakan Ranggalawe dan Sora, Jayanegara.

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Kitab yang menjadi sumber sejarah kerajaan majapahit adalah Semoga Membantu.