Contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam

Inilah Jawaban Soal Sekolah Tentang Contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam

Kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam:

  1. Membangun rumah: menggunakan semen, besi (tidak dapat diperbaharui), kayu (dapat diperbaharui
  2. Pertanian: menggunakan bahan bakar minyak pada traktror (tidak dapat diperbaharui), bibit tanaman, pupuk organik (dapat diperbaharui)
  3. Perikanan: menggunakan bahan bakar minyak pada kapal (tidak dapat diperbaharui), benih ikan, makanan ikan (dapat diperbaharui)

Pembahasan:

Sumber Daya Alam adalah segala sesuatu benda yang merupakan kekayaan alam dan terdapat di lingkungan sekitar manusia yang dapat digunakan untuk kegiatan dan kesejahteraan manusia.

Sumber daya alam terbagi menjadi dua jenis yaitu “sumber daya alam yang dapat diperbaharui” dan “sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui“.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dapat dikembalikan lagi jumlahnya dengan pelestarian.

Sementara sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui jumlahnya terbatas dan bila digunakan semua akan habis dan tidak dapat dilestarikan.

Kegiatan ekonomi manusia dapat memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam ini. Misalnya adalah kegiatan membangun rumah.

Ketika kita membangun rumah kita akan memerlukan semen, pasit, lantai keramik, rangka besi, baja ringan dan kabel listrik. Sumber daya alam di atas adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Bila batu kapur sebagai bahan semen, bijih besi bahan rangka dan batu granit sebagai bahan keramik habis, kita tidak bisa lagi memperbanyak atau meremajakan sumber daya alam ini.

Membangun rumah juga memerlukan kayu untuk pintu dan jendela. Berbeda dengan jenis sumber daya alam sebelumnya, sumber daya alam dapat diperbaharui karena kita bisa menanam kembali pohon baru sebagai sumber kayu yang digunakan.

Baca Juga  Sumpah pemuda telah mendorong bangsa indonesia untuk

Contoh kegiatan ekonomi lain yang menggunakan dua jenis sumber daya alam adalah perikanan dan pertanian.

Dalam perikanan dan perikanan, kita menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar alat pertanian dan perikanan, seperti traktor dan kapal. Minyak bumi ini adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan bila habis akan tidak bisa diambil lagi

Pertanian dan perikanan juga menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, seperti bibit padi dan benih ikan. Keduanya bisa dikembangkan lagi dan bila habis dapat dikembangbiakkan lagi.

–––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––

Detail Jawaban:  

Kode: 7.8.3    

Kelas: VII    

Mata Pelajaran: Geografi    

Materi: Bab 3 – Potensi Sumber Daya Alam Indonesia

#AyoBelajar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam Semoga Membantu.