Kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 28

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 28

Soal di atas meminta kita untuk menjelasakan jawaban dari Buku SD Kelas 5 Tematik 8 pada halaman 28. Terdapat 2 soal yang perlu dijawab, dan keduanya akan dijelaskan pada bagian pembahasan.

Pembahasan

Halaman 28 (Kegiatan Bersama Orangtua)

1. Bagaimana bentuk sikap toleransi atas keragaman budaya di lingkungan tempat tinggalmu? Diskusikan bersama orang tuamu, lalu tuliskan.

Jawab:

  1. Pada kegiatan Sholat Idul Fitri, umat beragama lain tetap menghargai bahkan membantu untuk mengkoordinasi tempat parkir dan arus jalan di dekat masjid
  2. Pada hari raya Idul Adha, tetangga yang merupakan non muslim tetap diundang untuk makan di rumah tetangga yang muslim
  3. Pada kegiatan nyepiuma t lain menghargai dengan tidak mengganggu dan membuat keributan di sekitar rumah umat beragama hindu.
  4. Pada kegiatan nyongkolan, suku lain tetap menghargai dan memberikan ruas jalan agar kegiatan tersebut dapat berlangsung.

2. Identifikasilah kebutuhan dalam keluargamu yang memanfaatkan hasil dari usaha bidang agraris.

Jawab:

  • Jenis Kebutuhan: Nasi, Hasil Usaha: pertanian padi
  • Jenis Kebutuhan: Pakaian, Hasil Usaha: Pertanian Kapas
  • Jenis Kebutuhan: Sayur: Hasil Usaha: Pertanian Sayur
  • Jenis Kebutuhan: Buah, Hasil Usaha: Pertanian Buah
  • Jenis Kebutuhan: Minyak, Hasil Usaha: Perkebunan Kelapa Sawit

Untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat melakukan berbagai usaha. Berbagai kegiatan dan jenis usaha yang dilakukan menghasilkan barang dan jasa. Salah satu jenis usaha di masyarakat yaitu mengolah sumber daya alam dari  lingkungan. Kita mengenal berbagai bentuk kegiatan manusia dalam mengolah sumber daya alam untuk mencukupi kebutuhan hidup. Jenis usaha bidang produksi yang bergerak dalam pengolahan sumber daya alam (hewan dan tumbuhan) disebut usaha agraris. Jenis usaha yang termasuk bidang agraris (pertanian dalam arti luas) antara lain persawahan, perkebunan,  perhutanan, peternakan, dan perikanan.

Baca Juga  Lagu kring kring ada sepeda diciptakan oleh

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas: V

Mapel: Ilmu Sosial

Bab: Bab 3 – Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia    

Kode: 5.10.3

#JadiRankingSatu

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 28 Semoga Membantu.