Hukum melaksanakan shalat sunnah rawatib qabliyah subuh adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Hukum melaksanakan shalat sunnah rawatib qabliyah subuh adalah

Hukum melaksanakan salat sunnah rawatib qabliyah subuh adalah sunnah mu’akad.Sholat sunnah muakad adalah sholat sunnah yang sangat dianjurkan sedangkan sholat sunnah ghoiru muakkad adalah sholat sunnah yang tidak terlalu dianjurkan untuk dikerjakan.

PEMBAHASAN

1. Hukum melaksanakan salat sunnah rawatib qabliyah subuh adalah…

b. sunnah mu’akad

Sholat sunnah muakad adalah sholat sunnah yang sangat dianjurkan sedangkan sholat sunnah ghoiru muakkad adalah sholat sunnah yang tidak terlalu dianjurkan untuk dikerjakan.

2. Salat sunnah rawatib yang dilaksanakan sebelum salat isya dinamakan…

c. ba’diyah isya

Sholat rawatib dibagi menjadi dua yaitu qobliyah dan badiyah. Qobliyah adalah sholat yang menyertai sholat wajib yang dilakukan sebelum sholat wajib. Sedangkan sholat badiyah adlah sholat yangmenyertai sholat wajib yang dilakukan setelah sholat wajib. Sholat subuh dan sholat ashar tidak memiliki sholat badiyah karena dignati dengan dzikir pagi petang

3. Salat tahiyatul masjid dilaksanakan secara…

c. munfarid atau sendiri

Sholat tahyatul masjid adalah sholat penghormatan terhadap masjid, maka ini merupakan hal pertama yang harus dilakukan ketika mamsuki masjid. Dikisahkan pernah ada seorang sahabat yang masuk masjid langsung duduk, kemudian Rasulullah menegurnya agar sholat 2 rakaat dahulu sebelum duduk didalam masjid. Sholat tahyatul masjid disyariatkan dilakukan secar munfarid.

4. Salat witir dilaksanakan setelah salat isya. jumlah bilangan rakaatnya paling banyak adalah…rakaat

b. lima

hal ini sesuai dengan sunnah Rasulullah yang diriwaytkan dari sayyidatina aisyah radhiyallahu anha, “Rasulullah mengerjakan shalat pada malam hari sebanyak tiga belas raka’at, dengan lima raka’at witir. Beliau tidak duduk, melainkan pada akhir raka’at.” (Hadist Muttafaqun Alaih)

5. Perhatikan salat sunnah berikut ini!

1.) Salat idain

Baca Juga  Beberapa peristiwa yang mendorong bersatunya jerman antara lain

2.) Tarawih

3.) Witir

4.) Tasbih

5.) Tahiyatul masjid

salat sunnah yang dapat dilaksanakan secara munfarid atau berjama’ah adalah…

b. 2,3 dan 4

Tarawih, witir dan tasbih yang sesbabnya sudah jelas, begitu yang dicontohkan Rasulullah dan begitu yang sering kita lihat dibulan Ramadhan. Untuk sholat tahyatul masjid seperti yang kakak jelaskan dalam soal sebelumnya. Dan sholat idain adalah sholat id yang dilakukan di hari raya idul fitri dan idul adha, dimana sholat id tidak bisa dilakukan secara munfarid.

6. Memahami dan menghargai perbedaan jumlah bilangan rakaat dalam pelaksanaan salat tarawih, merupakan salah satu wujud akhlak mulia umat islam yang dinamakan…

d. tasamuh

tasamuh  adalah suatu sikap menghargai orang lain dalam konteks perbedaan dengan kita menahan diri serta membiarkan orang lain untuk berlaku dan berpendapat yang tidak sesuai dengan apa yang kita anut atau kita yakini kebenarannya. Toleransi tidak memandang  ras , suku, bangsa, ideologi, agama serta pembeda-pembeda lainnya sebagai suatu sumber perpecahan, namun menjadikannya sebagai fitrah dalam kehidupan.

7. Salat sunnah yang tujuannya untuk meminta hujan akibat kemarau panjang adalah salat…

c. Istisqa

sholat Istisqo adalah sholat sunnah yang dilakukan bersama-sama untuk meminta hujan kepada ALLAH apabila terjadi kemarau panjang. Syariat ini tertulis dalam hadist dari Abdullah bin   Zaid :

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah keluar ke tanah lapang dan beliau hendak melaksanakan istisqo’ (meminta hujan). Beliau pun merubah posisi rida’nya / pakaian yang menutupi bagian atas (yang semula di kanan dipindah ke kiri dan sebaliknya) ketika beliau menghadap kiblat. (Ishaq mengatakan), “Beliau memulai mengerjakan shalat sebelum berkhutbah kemudian beliau menghadap kiblat dan berdo’a”.”9 (hadist riwayat Ahmad)

8. Salat idul adha dilaksanakan pada pagi hari tanggal…

a. 10 zulhijjah

9. Salat rawatib yang hukumnya sunnah muakkad adalah…

Baca Juga  Alat menyembelih binatang harus tajam dengan maksud

a. dua rakaat sebelum salat zuhur

Yang termasuk sholat sunnah muakkad adalah :

•2 rakaat sebelum shubuh

•2/4  rakaat sebelum dzuhur dan 2 rakaat setelah dzuhur

•2 rakaat sesudah maghrib

•2 rakaat sesudah isya’

10. Pada waktu melaksanakan salat tasbih, jumlah seluruh bacaan tasbih adalah…

b. 300

Sholat ini dilakukan dengan 4 Rakaat, bila siang maka dengan satu kali salam, bila malam dengan 2 kali salam. Tata caranya sama seperti sholat biasa, hanya saja Bacaan tasbih diatas dibaca 15 setelah membaca Al Fatihah dansurah pendek dan 10x ketika ruku, itidal, sujud, duduk diantara 2 sujud, suduk kedua, sebelum berdiri rokaat selanjutnya dan ketika tasyahud. Maka jumlah tasbih yang dibaca adalah 75x. Sehingga total tasbih yang dibaca adalah 300x

lanjutan di komen

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Hukum melaksanakan shalat sunnah rawatib qabliyah subuh adalah Semoga Membantu.