Peristiwa koagulasi dapat ditemukan pada peristiwa

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Peristiwa koagulasi dapat ditemukan pada peristiwa

Jawaban:

Peristiwa koagulasi dapat ditemukan pada

a) pembuatan agar agar

b) terjadinya berkas sinar

c) terjadinya delta di muara sungai

d) pembuatan cat

e) pembusukan air susu

Penjelasan:

Koagulasi merupakan suatu proses peristiwa penggumpalan partikel koloid. Peristiwa koagulasi pada sistem koloid dapat terjadi diakibatkan proses mekanis atau proses kimia.  Pembentukan delta di sungai, dan penjernihan air merupakan salah satu contoh peristiwa koagulasi.

Pembahasan:

Pengertian Koloid

Koloid yaitu suatu sistem dispersi atau sebaran suatu sistem yang menunjukkan bahwa suatu zat terbagi halus dalam zat lain. Pada sistem koloid ada dua fase yaitu: zat yang terbagi atau didesperikan disebut fase terdispersi, fase intern, atau fase kontinu, sedangakan zat yang digunakan untuk mendisperdikan disebut fase pendispersi.

Sistem Koloid

Campuran homogen dan stabil yang disebut larutan, molekul, atom, ataupun ion disebarkan dalam suatu zat kedua. Dengan cara yang agak mirip, materi koloid dapat dihamburkan atau disebarkan dalam suatu medium sinambung, sehingga dihasilkan suatu dispersi (sebaran) koloid atau sistem koloid. Selai, mayones, tinta cina, susu, dan kabut merupakan contoh yang dikenal. Dalam sistem-sistem semacam itu, partikel koloid dirujuk sebagai zat terdispersi (tersebarkan) dan materi kontinu dalam mana partikel itu tersebar disebut zat pendispersi atau medium pendispersi.

Penggolongan Koloid

Penggolongan koloid berdasarkan kelarutan:

  • Koloid dispersi, yaitu koloid yang partikelnya tidak dapat larut secara individu dalam medium yang terjadi hanyalah penyebaran (dispersi) paertikel tersebut.
  • Koloid asosiasi, yaitu koloid yang terbentuk dari gabungan paertikel kecil yang larut dalam medium, contoh Fe(OH)3.

Sifat-sifat Koloid

  • Efek Tyndall (Penghamburan cahaya) Efek tyndall dapat digunakan untuk memperbedakan dispersi koloid dan suatu larutan biasa. Penghamburan cahaya tyndall dapat menjelaskan buramnya dispersi koloid.
  • Gerakan Brown adalah gerakan acak partikel koloid dalam suatu medium pendispersi.
  • Adsorpsi adalah materi dalam keadaan koloid mempunyai luas permukaan yang sangat besar. Penyerapan partikel atau ion oleh permukaan koloid sehingga menyebabkan koloid menjadi bermuatan listrik.
Baca Juga  Perangkat lunak pengolah kata adalah

Pembuatan Koloid

  • Dispersi  (Gumpalan materi atau suspensi kasar dapat diubah menjadi lebih kecil sehingga tersebar dan berukuran koloid).
  • Kondensasi  adalah suatu cara dalam pembuatan koloid dari partikel kecil (larutan) menjadi partikel koloid.

Pelajari lebih lanjut:

Detail Jawaban :  

Kelas : 11

Mapel : Kimia  

Bab : Sistem Koloid

Kode : 11.7.11

Kata kunci : koloid, larutan, koagulasi, delta

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Peristiwa koagulasi dapat ditemukan pada peristiwa Semoga Membantu.