Ciri ciri sejarah sebagai ilmu

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Ciri ciri sejarah sebagai ilmu

Ciri ciri sejarah sebagai ilmu

Pembahasan:

Sejarah dapat diartikan sebagai kejadian yang terjadi pada masa lampau yang dapat dibuktikan kebenarannya. Sejarah dapat dikatakan sebagai ilmu karena sejarah dapat memberikan kita pengetahuan atau pembelajaran dan pengalaman tentang peristiwa peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Adapun ciri ciri sejarah bisa dikatakan ilmu, jika:

  1. Empiris, berarti bahwa sejarah sangat bergantung pada pengalaman seseorang atau kejadian yang benar benar pernah terjadi yang dapat dibuktikan baik melalui pengamatan, penelitian, dll.
  2. Memiliki teori, berarti sejarah dikemukakan oleh para tokoh untuk menjelaskan terjadinya suatu peristiwa serta digunakan untuk mendukung suatu pendapat atas terjadinya suatu peristiwa atau sejarah.
  3. Memiliki objek, Ada 3 objek apabila suatu peristiwa dikatakan sejarah yaitu siapa yang terlibat dalam peristiwa itu (pelakunya), kapan peristiwa itu terjadi (waktunya), dan dimana peristiwa itu terjadi (Tempatnya).
  4. Memiliki metode, Cara cara yang dilakukan untuk mengamati sejarah, baik dengan metode pengamatan, metode penelitian, metode eksperimen, dll.
  5. Generalisasi, merupakan kesimpulan terhadap suatu penelitian yang telah dilakukan untuk menggambarkan bahwa peristiwa sejarah tersebut benar benar pernah terjadi. Generalisasi ini ditentukan sesuai dengan metode, teori, fakta empiris, dan objek yang pernah dilakukan.

Pelajari lebih lanjut

Detil Jawaban

Kelas : X

Mapel : Sejarah

BAB :Bab 1 – Cara Berpikir Sejarah

Kode : 10.3.1

#Optiteamcompetition

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Ciri ciri sejarah sebagai ilmu Semoga Membantu.

Baca Juga  Istilah lain yang hampir sama dengan bordir adalah