Bagaimana proses siklus air menghasilkan air yang bersih jelaskan

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bagaimana proses siklus air menghasilkan air yang bersih jelaskan

Proses siklus air menghasilkan air yang bersih adalah karena adanya proses evapotranspirasi dan infiltrasi. Evapotranspirasi adalah penguapan air oleh panas matahari dan hasil respirasi organisme. Infiltrasi adalah peresapan air hujan ke dalam tanah. Kedua proses tersebut menghasilkan air yang bersih (murni).

Pembahasan

Air merupakan kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan makhluk hidup untuk bertahan hidup. Air tidak dapat habis karena air mengalami siklus atau daur. Air di dalam ekosistem sebagai komponen abiotik yang memiliki peran penting untuk keberlangsungan ekosistem.

Daur air atau siklus hidrologi artinya adalah sirkulasi air dari atmosfer menuju bumi kemudian kembali lagi ke atmosfer. Dalam siklus air, terdapat tahapan yang harus dilalui yaitu evaporasi, transpirasi, kondensasi, presipitasi dan infiltrasi.  Bumi adalah planet yang permukaannya terdiri dari perairan dan daratan, dimana perairan jauh lebih banyak dan luas dibandingkan daratan. Sumber air di muka bumi bermacam-macam, antara lain sungai, danau, samudra dan air tanah.

Air sangat penting bagi kehidupan baik tumbuhan, hewan dan manusia. Berikut ini fungsi-fungsi air yaitu:

  • Sebagai pelarut zat.
  • Mengatur suhu tubuh.
  • Mengatur tekanan osmotik sel.
  • Sebagai sarana transportasi zat di dalam tubuh (darah).
  • Bahan baku untuk fotosintesis.
  • Bagi manusia air bermanfaat untuk air minum, mandi, mencuci, irigasi, pembangkit listrik, dan pariwisata.

Tahapan siklus hidrologi merupakan serangkaian proses yang tergabung dan saling berkaitan. Tahapan tersebut memiliki bentuk memutar sehingga disebut dengan siklus.

Siklus air terdiri dari beberapa tahapan, yaitu:

1. Evaporasi atau penguapan

Evaporasi adalah proses dimana air yang ada di laut, rawa, danau, samudra dan lainnya menguap akibat adanya pemanasan sinar matahari. Pada tahap evaporasi, air diubah menjadi uap air (gas) sehingga dapat naik ke atas atmosfer.

Baca Juga  Jelaskan pengertian pancasila menurut ir soekarno

2. Transpirasi

Transpirasi merupakan proses penguapan yang serupa dengan evaporasi. Perbedaanya adalah proses penguapan pada transpirasi terjadi pada jaringan makhluk hidup melalui proses respirasi.

3. Evapotranspirasi

Evapotraspirasi adalah uap air hasil dari gabungan dari tahapan evaporasi dan transpirasi.

4. Kondensasi

Kondensasi adalah proses berubahnya uap air menjadi partikel es akibat suhu udara yang rendah sehingga membentuk awan yang tebal.

5. Adveksi

Adveksi adalah proses perpindahan awan secara horizontal dari satu lokasi ke lokasi lainnya disebabkan karena tekanan udara atau angin.

6. Presipitasi

Presipitasi adalah proses pencairan awan hitam menjadi air yang diaebut hujan. Awan (uap air yang terkondensasi) berubah menjadi air lalu turun ke permukaan bumi sebagai hujan karena pengaruh angin panas atau perubahan suhu.

7. Run Off (Limpasan)

Limpasan adalah proses mengalirnya air hujan ke sungai, samudra, danau dan saluran air lainnya.

8. Infiltrasi

Infiltrasi adalah air yang merembes ke bawah dan menjadi air tanah atau proses penyerapan air ke dalam tanah. Penyerapan air ke dalam tanah dibantu oleh adanya tumbuhan.

Berbagai macam kegiatan manusia yang merusak lingkungan dan dapat mempengaruhi siklus air sebagai berikut:

1. Penebangan hutan untuk industri.

2. Pembakaran hutan untuk perkebunan dan pemukiman.

3. Pembangunan perumahan, industri, dan perkantoran.

4. Pembuatan irigasi dan bendungan yang menyebabkan perubahan siklus air.

5. Pembungan limbah, sampah yang menyebabkan pencemaran air.

Detil jawaban

Kelas: 10

Mapel: Biologi

Bab: Ekologi

Kode: 10.4.10

#AyoBelajar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Bagaimana proses siklus air menghasilkan air yang bersih jelaskan Semoga Membantu.