Jelaskan 4 contoh kiamat sugra

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jelaskan 4 contoh kiamat sugra

4 Contoh Kiamat Sugra

Hari Kiamat (Yaumul Qiyamah) adalah suatu masa di mana alam semesta beserta isinya mengalami kehancuran total secara tiba – tiba tanpa tersisa dan mematikan semua makhluk hidup yang ada. Kiamat merupakan perkara yang dirahasiakan Allah, bahkan rasulullah sekalipun tidak mengetahuinya. Namun, beberapa sumber dalam Qur’an dan Hadits menampilkan beberapa tandanya.

Berdasarkan kejadiannya, Kiamat dibagi menjadi 2 jenis, antara lain :

• Kiamat Kecil (Sugra), yaitu bencana yang seringkali kita saksikan sebagai peringatan dari Allah namun jarang kita sadari. Tanda – tanda kiamat sugra bisa dikenali dengan meninggalnya seseorang, bencana alam seperti banjir, tanah longsor, meletusnya gunung, gempa bumi, tsunami, badai, wabah penyakit dan sebagainya.

• Kiamat Besar (Kubra), yaitu hari hancurnya seluruh alam semesta beserta isinya tanpa kecuali. Tanda – tanda kiamat kubra telah disinggung dari beberapa ayat Qur’an dan hadits, antara lain : kabut (dukhan), Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya’juj dan Ma’juj, tiga gerhana : gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab, dan api muncul dari Yaman yang menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka.

Pelajari lebih lanjut :

DETAIL JAWABAN

MAPEL : AGAMA ISLAM

KELAS : VI

MATERI : IMAN KEPADA HARI AKHIR

KODE SOAL : 14

KODE KATEGORISASI : 6.14.2

#AyoBelajar

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jelaskan 4 contoh kiamat sugra Semoga Membantu.

Baca Juga  Apa yang dapat diteladani dari nabi harun alaihissalam jelaskan