Pengertian israf secara bahasa artinya

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pengertian israf secara bahasa artinya

Pengertian Ishraf dalam islam adalah berlebihlebihan dalam melakukan suatu tindakan sehingga berada di luar batas kewajaran atau kepatutan. Perilaku Ishraf dapat berlaku dalam semua aspek, seperti makan, minum, berpakaian bahkan dalam bersedekah.

Pembahasan :

Ishraf secara bahasa berasal dari kata اَسْرَفَ- يُسْرِفُ- إِسْرَافًا yang memiliki makna bersuka ria yang melampaui batas. Sedang secara istilah adalah melampaui batas [berlebih-lebihan] dapat diartikan sebagai suatu tindakan yang dilakukan seseorang di luaral kewajaran atau kepatutan. Ishraf juga merupakan akhlak tercela. Allah berfirman dalam QS. Al-A’raf ayat 31 :

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ (٣١)

Artinya :

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (QS. Al-A’raf ayat 31).

Dalam surat ini dijelaskan bahwa tidak perbolehkan untuk berlebih-lebihan dalam makan, minum, berpakaian dan beribadah. Sesuatu yang berlebihan pasti memiliki madharat bagi manusia. Oleh karena itu dalam islam dianjurkan untuk hidup sederhana dan tidak sombong.

Pelajari Lebih Lanjut

Detil Jawaban

Kelas : VIII

Mapel : Pendidikan Agama Islam

BAB : 4 – Akhlak Tercela

Kode : 8.14.4

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Pengertian israf secara bahasa artinya Semoga Membantu.

Baca Juga  Contoh ancaman di bidang ekonomi