Mengapa kita mesti mematuhi hukum jelaskan

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Mengapa kita mesti mematuhi hukum jelaskan

Kita mesti mematuhi hukum agar ketertiban dan kedamaian tercapai.

Pembahasan

HUKUM adalah seperangkat paraturan yang mengikat dan memaksa untuk dipatuhi oleh warga negara demi tercapainya ketertiban dan kedamaian yang merupakan tujuan dan cita-cita bangsa dan negara. Hukum sulit didefinisikan karena kompleks dan beragamnya sudut pandang yang digunakan untuk mengkaji. Dari berbagai definisi diatas penulis dapat menarik kesimpulan bahwa , hukum meliputi peraturan yang mengatur tentang tingkah laku manusia yang di buat oleh badan  berwenang dan bersifat memaksa disertai sanksi yang tegas bagi yang melanggarnya, hukum dibuat dengan tujuan untuk mewujudkan ketertiban dalam masyarakat.

Hukum dalam masyarakat merupakan sebuah tuntutan. Maka manusia, masyarakat, dan hukum merupakan pengertian yang tidak bisa dipisahkan. Agar ketertiban dalam masyarakat tercapai, diperlukan adanya kepastian dalam pergaulan antar-manusia dalam masyarakat. Kepastian ini bukan saja agar kehidupan masyarakat menjadi teratur akan tetapi akan mempertegas lembaga-lembaga hukum mana yang melaksanakannya.

Hukum yang baik adalah hukum yang sesuai dengan hukum yang hidup atau the living law dalam masyarakat, yang tentunya sesuai pula atau merupakan pencerminan dari nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat tersebut.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang makna hukum

2. Materi tentang tujuan hukum

—————————————————————————-

Detil jawaban

Kelas : 10 – SMA

Mapel : PPKn

Bab : Bab 2 – Sistem Hukum dan Peradilan Nasional

Kode : 10.9.5

Kata kunci : hukum

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Mengapa kita mesti mematuhi hukum jelaskan Semoga Membantu.

Baca Juga  Hal yang ingin disampaikan kepada pembaca pada puisi disebut