Berikut ini yang tergolong gas rumah kaca yaitu

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Berikut ini yang tergolong gas rumah kaca yaitu

Berikut yang tergolong rumah kaca adalah c. karbondioksida, metana, CFC, dan nitrogen. Efek rumah kaca adalah peristiwa awal terjadinya pemanasan global. Panas tersebut terperangkap karena adanya peningkatan gas-gas rumah kaca seperti CO₂, CFC, metan, dan nitrogen oksida serta gas lainnya di atmosfer. Panas yang terperangkap akan meningkatkan suhu permukaan bumi di atmosfer sehingga terjadi pemanasan global.  

Pembahasan

Efek rumah kaca adalah suatu kondisi suhu bumi yang terus meningkat akibat pemantulan kembali oleh lapisan CO₂ di atmosfer. Efek rumah kaca ini akan menyebabkan pemanasan global (global warming) di seluruh bagian bumi.  

Penyebab efek rumah kaca dan pemanasan global antara lain:

1. Emisi gas rumah kaca dan bahan bakar fosil

  • Secara umum efek rumah kaca adalah hal baik namu jika berlebihan akan menyebabkan suhu bumi terlalu panas.
  • Bahan bakar fosil seperti batubara, minyak bumi, gas untuk menjalankan mobil dan kendaraan dan pabrik-pabrik turut menyumbang penyebab pemanasan global.

2. Gas metana (CH₄) yang dihasilkan oleh peternakan dan limbah rumah tangga

  • Peternakan sapi meghasilkan lebih bayak gas metana dibandingkan dengan industri minyak.
  • Gas metana dari peternakan sapi dihasilkan oleh sendawa dan kentut ternak.
  • Limbah/sampah rumah tangga organik akan terurai secara aerob dan anaerob. Secara aerob akan menghasilkan CO₂ (gas rumah kaca) dan secara anaerob menghasilkan gas CH₄ (gas rumah kaca).

3. Peningkatan kadar CO₂ di atmosfer

Dihasilkan dari sistem transportasi yang meggunakan bahan bakar fosil berkntribusi sekitar 20% menyebabkan pemanasan global.

Baca Juga  Serat yang berbentuk rambut hewan disebut

4. Mencairnya es di kutub

Permukaan es berwarna putih dapat memantulkan lebih dari 60% sinar matahari, akan tetapi jika semakin banyak es yang mencair, maka sinar matahari tidak dipantulkan seperti sebelumnya karena lautan hanya dapat memantulkan sinar matahari sepersepuluhnya saja.

5. Gas-gas lain seperti molekul NO menghasilkan efek pemanasan sampai 300 kali dari molekul CO₂, chlorofluorocarbons (CFC) ada yang menghasilkan efek pemanasan hingga ribuan kali dari CO₂.

Detil jawaban  

Kelas: 1 SMP  

Mapel: Biologi  

Bab: Pencemaran lingkungan  

Kode: 7.4.9

#AyoBelajar

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Berikut ini yang tergolong gas rumah kaca yaitu Semoga Membantu.