Menurutmu apakah padi bisa tumbuh dengan baik di pegunungan

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Menurutmu apakah padi bisa tumbuh dengan baik di pegunungan

Padi tidak bisa tumbuh dengan baik di pegunungan, sebab padi memerlukan suhu hangat untuk pertumbuhannya.

Sebaliknya teh juga tidak bisa tumbuh dengan baik di sawah karena teh memerlukan suhu dingin untuk pertumbuhannya.

Pembahasan:

Faktor alam seperti suhu udara, curah hujan sangat penting bagi pertumbuhan tanaman.  

Tanaman memerlukan temperatur atau suhu optimum, yaitu suhu di mana tanaman dapat berkembang dengan paling baik, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin bagi tanaman tersebut. Setiap tanaman memiliki temperatur optimum berbeda-beda.

Padi agar tumbuh dengan baik memerlukan suhu antara 20 °C hingga 35 °C, dengan kebutuhan air yang besar. Karena kebutuhan suhu yang hangat ini, padi kurang cocok untuk ditanam di pegunungan dan dataran tinggi, kecuali varietas khusus tertentu. Namun, daerah yang cocok untuk menanam padi adalah sawah di dataran rendah, yang suhunya lebih hangat. Contohnya adalah dataran rendah pantai utara (Pantura) di pulau Jawa.

Teh tumbuh paling baik sekitar 12-13°C. Daerah yang baik untuk penanaman teh adalah wilayah dingin di dataran tinggi seperti di dataran tinggi Parahyangan di Jawa Barat. Karena memerlukan suhu yang dingin dan sejuk, maka teh tidak cocok ditanam di persawahan pada dataran rendah yang panas, atau dengan kata lain berbalikan dengan tempat penanaman padi.

————————————————————————————-

Detail Jawaban:  

Kode: 6.4.2

Kelas: VI  

Mata Pelajaran: Biologi      

Materi: Perkembangan Makhluk Hidup

Kata Kunci: Penanaman Padi dan Teh

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Menurutmu apakah padi bisa tumbuh dengan baik di pegunungan Semoga Membantu.