Garam yang mengalami hidrolisis sebagian dan bersifat asam adalah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Garam yang mengalami hidrolisis sebagian dan bersifat asam adalah

Garam yang mengalami hidrolisis sebagian dan bersifat asam adalah NH₄Cl.

\boxed~Jawaban \ C~

Pembahasan

Terdapat koreksi untuk redaksi kalimat soal di atas, yakni menentukan garam yang mengalami hidrolisis sebagian dan bersifat asam.  

Kita selidiki setiap garam pada soal di atas.

a. CH₃COONa (natrium asetat)

Garam ini terbentuk dari reaksi antara basa kuat natrium hidroksida (NaOH) yang tepat bereaksi dengan asam lemah yaitu asam asetat (CH₃COOH). Dengan demikian disebut sebagai “garam bersifat basa atau garam basa” karena dominasi basa kuat.

Terhidrolisis sebagian (parsial) karena hanya ion lemah yang dapat terionisasi oleh air, sebagai berikut.

CH_3COO^- + H_2O \leftrightarrow CH_3COOH + OH^-

Dari ion hidroksi yang dihasilkan terlihat jelas bahwa larutan garam natrium asetat yang dihasilkan bersifat basa (pH > 7).

b. HCOOK (kalium formiat)

Garam ini juga terbentuk dari reaksi antara basa kuat kalium hidroksida (KOH) yang tepat bereaksi dengan asam lemah yaitu asam formiat (HCOOH) yang lebih dikenal sebagai asam semut. Dengan demikian disebut sebagai “garam bersifat basa atau garam basa” karena dominasi basa kuat.

Terhidrolisis sebagian (parsial) karena hanya ion lemah yang dapat terionisasi oleh air, sebagai berikut.

HCOO^- + H_2O \leftrightarrow HCOOH + OH^-

Dari ion hidroksi yang dihasilkan terlihat jelas bahwa larutan garam kalium formiat yang dihasilkan bersifat basa (pH > 7).

c. NH₄Cl (amonium klorida)

Garam ini terbentuk dari reaksi antara asam kuat yakni asam klorida (HCl) yang tepat bereaksi dengan basa lemah yaitu amonium hidroksida (NH₄OH) atau amonia NH₃. Dengan demikian disebut sebagai “garam bersifat asam atau garam asam” karena dominasi asam kuat.

Baca Juga  Bagian sel yang mengandung kromosom adalah

Terhidrolisis sebagian (parsial) karena hanya ion lemah yang dapat terionisasi oleh air, sebagai berikut.

NH_4^+ + H_2O \leftrightarrow NH_4OH + H^+

Dari ion hidrogen yang dihasilkan terlihat jelas bahwa larutan garam amonium klorida yang dihasilkan bersifat asam (pH < 7).

d. KCl (kalium klorida)

Garam ini terbentuk dari reaksi antara basa kuat kalium hidroksida (KOH) yang tepat bereaksi dengan asam kuat yaitu asam klorida (HCl). Karena kedua ionnya berasal dari asam kuat dan basa kuat maka tidak terionisasi oleh air, sehingga bukan termasuk jenis garam terhidrolisis. Nilai pH sama dengan 7.

e. CH₃COONH₄ (amonium asetat)

Garam ini terbentuk dari asam lemah yakni asam asetat (CH₃COOH) dan basa lemah yaitu amonium hidroksida (NH₄OH). Inilah yang disebut sebagai garam terhidrolisis total, sebab ion-ionnya berasal dari asam dan basa lemah.

Bagaimana menentukan sifat asam atau basa yang dominan untuk mengetahui nilai pH? Hal ini ditentukan oleh perbandingan dari tetapan kesetimbangan asam lemah dan tetapan kesetimbangan basa lemah (Ka dan Kb). 

\boxed~K_a > K_b, garam~bersifat~asam~

\boxed~K_a < K_b, garam~bersifat~basa~

\boxed~K_a = K_b, garam~bersifat~netral~

Kesimpulan

Ketika asam dan basa tepat bereaksi (habis tak bersisa), terdapat kemungkinan terbentuknya garam yang terhidrolisis. Namun sebenarnya ada garam yang dapat terhidrolisis atau terurai oleh air dan ada yang tidak.

  • Garam yang terbentuk dari asam kuat dan basa kuat tidak dapat terhidrolisis.
  • Garam yang terbentuk dari reaksi elektrolit kuat dan lemah akan menghasilkan garam terhidrolisis sebagian (parsial). Sifat asam atau basa berdasarkan asam kuat atau basa kuat yang bereaksi.
  • Garam yang terbentuk dari reaksi asam lemah dan basa emah akan menghasilkan garam yang terhidrolisis total. Sifat asam atau basa berdasarkan Ka atau Kb yang terbesar. Jika Ka sama dengan Kb maka terbentuk garam netral.
Baca Juga  Tentukan akar persamaan berikut 3x2 12 0

Pelajari lebih lanjut

  1. Analisis garam yang terhidrolisis atau tidak brainly.co.id/tugas/2132506
  2. Menghitung massa garam terhidrolisis brainly.co.id/tugas/14275148
  3. Kasus hidrolisis total yang unik brainly.co.id/tugas/2176590

————————–

Detil jawaban

Kelas         : XI

Mapel        : Kimia

Bab            : Hidrolisis Garam

Kode          : 11.7.7  

Kata Kunci : garam yang mengalami hidrolisis sebagian, parsial, total, bersifat asam, kuat, lemah, ionisasi, air, netral, Ka, Kb, Kw, brainly 

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Garam yang mengalami hidrolisis sebagian dan bersifat asam adalah Semoga Membantu.