Surat an nashr menceritakan tentang

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Surat an nashr menceritakan tentang

Surat An-Nasr menceritakan tentang pertolongan Allah dan kemenangan besar menaklukan Kota Mekkah dalam peristiwa Fathul Makkah. Pertolongan Allah yang dimaksud adalah pertolongan kepada Nabi Muhammad atas kejahatan orang-orang musyrik dalam dakwahnya untuk menyebarkan ajaran islam di seluruh Jazirah Arab. Berbagai rintangan dan hambatan yang dialami Nabi Muhammad sampai Beliau diperintahkan untuk hijrah ke Kota Madinah hingga akhirnya kembali lagi ke Kota Mekkah dan Allah memberikan kemenangan untuk menguasai Kota Mekkah. Saat yang bersamaan orang-orang Kafir Quraisy juga berbondong-bondong masuk ke dalam islam.

Pembahasan:

Surat An-Nasr adalah surat ke 110 dalam Al-Quran yang berarti Kemenangan. Surat An-Nasr adalah Surat Madaniyah sebab diturunkan setelah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah dan diturunkan sesudah diturunkannya surat At-Taubah. Selain menceritakan kemenangan dan pertolongan Allah menaklukan Kota Mekkah, surat ini memberikan petanda bahwa kematian Nabi Muhammad semakin dekat dan tugas Nabi Muhammad sudah hampir sempurna dilaksanakan.

إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ . وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا . فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا

(Idzaa jaa-a nashrulloohi wal fath. Waroaitan naasa yadkhuluuna fii diinillaahi afwaajaa. Fasabbih bihamdi robbika wastaghfirhu innahuu kaana tawwaabaa)

Artinya: “Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan, dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.”

Pelajaran yang dapat diambil dalam surat ini juga yaitu kita harus terus berusaha dan bersabar dalam menghadapi ujian dan tantangan. Kita yakin bahwa pertolongan Allah sangat dekat. Teruslah untuk berzikir dan memohon ampun pada Allah dalam keadaan apapun.

Baca Juga  Contoh tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan bakar bio adalah

Pelajari lebih lanjut:

Detil jawaban:

Kelas: 5

Mapel: Pendidikan Agama

Bab: Al-Quran surah pendek

Kode: 5.14.6

#AyoBelajar

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Surat an nashr menceritakan tentang Semoga Membantu.