Jelaskan pengertian iman kepada rasul allah swt

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan pengertian iman kepada rasul allah swt

Pengertian dari beriman kepada Rasul Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah meyakini dan membenarkan bahwa ada Rasul-rasul yang Allah Subhanahu Wa Ta’ala utus kepada setiap kaum dengan syariatnya masing-masing sebagaimana yang disebutkan di dalam Al Aquran.

Pemabahasan

Iman kepada Rasul merupakan salah satu dari rukun Iman umat Islam. Rasul berarti orang yang diutus untuk menyampaikan sesuatu. Namun yang dimaksud Rasul di dalam rukun iman di sini adalah orang yang diberi wahyu untuk disampaikan kepada umat.

Nabi dan Rasul jumlahnya sangat banyak ada yang menyebutkan lebih dari 124.000 nabi dan Rasul. Akan tetapi hanya 25 saja nabi dan Rasul yang wajib kita ketahui. Adapun Rasul pertama yang diutus ke muka bumi ini adalah Nabi Nuh Alaihissalam, dan ditutup oleh nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam. Adapun di dalam Al Quran disebutkan di dalam Al Baqarah ayat 177 yang berbunyi:

  • وَلَكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ

“Akan tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi.”

Kemudian di dalam surat An Nahl ayat 36 yang berbunyi:

  • وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِيْ كُلِّ اُمَّةٍ رَّسُوْلًا اَنِ اعْبُدُوا اللّٰهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوْتَۚ فَمِنْهُمْ مَّنْ هَدَى اللّٰهُ وَمِنْهُمْ مَّنْ حَقَّتْ عَلَيْهِ الضَّلٰلَةُ ۗ فَسِيْرُوْا فِى الْاَرْضِ فَانْظُرُوْا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِيْنَ – ٣٦

Dan sungguh, Kami telah mengutus seorang rasul untuk setiap umat (untuk menyerukan), “Sembahlah Allah, dan jauhilah tagut”, kemudian di antara mereka ada yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula yang tetap dalam kesesatan. Maka berjalanlah kamu di bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang mendustakan (rasul-rasul).

Adapun faedah dari beriman kepada Rasul Allah adalah:

  • Mengimani bahwasanya risalah mereka benar-benar dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
  • Sebagaimana disebutkan di atas bahwasanya ada sekitar 124.000 nabi dan Rasul, akan tetap Allah Subhanahu Wa Ta’ala hanya menyebutkan 25, yaitu Adam, Idris, Nuh, Hud, Shalih, Ibrahim, Luth, Ismail, Ishaq, Yaqub, Yusuf, Syuaib, Ayyub, Dzulkifli, Musa, Harun, Daud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa,  Yunus, Zakariya, Yahya, Isa dan Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam
  • Membenarkan berita-berita yang disebutkan oleh Nabi Muhammad.
  • Mengamalkan syariat Rasul penutup bagi umat manusia yaitu Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam.
Baca Juga  Apa pesan yang termuat dalam bacaan tersebut

Pelajari lebih lanjut

Detail Jawaban

Kelas: 5

Mapel: Agama

Bab: Rasul-Rasul Allah

Kode: 5.14.7

Kata kunci: Beriman kepada Rasul-rasul Allah

#TingkatkanPrestasimu

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan pengertian iman kepada rasul allah swt Semoga Membantu.