Perkenalan diri dalam bahasa arab

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Perkenalan diri dalam bahasa arab

Perkenalan menggunakan bahasa Arab.

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ. صَبَاحُ الْخَيْرِ !

اِسْمِيْ عُثْمَانُ. أَنَا مِنْ بِيْكَانْبَرُو. أَسْكُنُ فِي الشَّارِعِ أَحْمَد يَانِي رَقْمُ الثَّلَاثَةِ. وَ أَنَا أَدْرُسُ فِيْ جَامِعَةِ الْمُحَمَّدِيَّةِ. فِي كُلِّيَّةِ الدِّيْنِيَّةِ. هَلْ تَعْرِفُوْنَ هِوَايَتِيْ ؟ هِوَايَتِي اَلرَّسْمُ. أَعْمَلُ هِوَايَتِيْ فِيْ وَقْتِ الْفَرَاغ. هَذَا مِنِّيْ. أَشْكُرُ عَلَى اِهْتِمَامِكُمْ. وَ الْأَخِر، اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللّٰهِ وَ بَرَكَاتُه.

Terjemahan :

Assalamu’alaikum. Selamat pagi !

Nama saya Utsman. Saya berasal dari Pekanbaru. Saya tinggal di jalan Ahmad Yani nomor 3. Dan saya belajar di Universitas Muhammadiyyah pada jurusan keagamaan. Apakah kalian tahu hobi saya? Hobi saya adalah mengambar. Saya melakukan hobi saya ketika waktu luang. Sekian dari saya. Saya berterimakasih atas perhatian kalian. Dan akhir kata, assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Pembahasan

Perkenalan sering kali kita awali dengan sapaan. Setelahnya kita memberi tahu orang lain tentang diri kita. Baik nama, tempat tinggal, umur, hobi, dan lainnya. Dan pada akhir perkenalan, kita akan menutupnya dengan salam.

Bagian sapaan pada teks perkenalan diatas :

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ. صَبَاحُ الْخَيْرِ.

  • Kalimat اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ adalah sapaan yang diajarkan rasulullah. Dan bernilai pahala jika diucapkan dan ditujukan untuk menyapa sesama muslim. Kalimat itu sendiri memiliki arti “keselamatan bagi kalian”.
  • Kalimat صَبَاحُ الْخَيْرِ adalah kalimat yang digunakan bangsa Arab untuk menyatakan “selamat pagi”.

Bagian informasi tentang diri sendiri :

اِسْمِيْ عُثْمَانُ. أَنَا مِنْ بِيْكَانْبَرُو. أَسْكُنُ فِي الشَّارِعِ أَحْمَد يَانِي رَقْمُ الثَّلَاثَةِ. وَ أَنَا أَدْرُسُ فِيْ جَامِعَةِ الْمُحَمَّدِيَّةِ. فِي كُلِّيَّةِ الدِّيْنِيَّةِ. هَلْ تَعْرِفُوْنَ هِوَايَتِيْ ؟ هِوَايَتِي اَلرَّسْمُ. أَعْمَلُ هِوَايَتِيْ فِيْ وَقْتِ الْفَرَاغ

  • Pada kalimat اِسْمِيْ عُثْمَانُ, yang sedang memperkenalkan diri memberitahu bahwa namanya adalah Utsman.
  • Kalimat أَنَا مِنْ بِيْكَانْبَرُو. أَسْكُنُ فِي الشَّارِعِ أَحْمَد يَانِي رَقْمُ الثَّلَاثَةِ menyatakan asal usul dan tempat tinggal si Utsman. Utsman berasal dari Pekanbaru dan dia tinggal di jalan Ahmad Yani nomor 3.
  • Kalimat وَ أَنَا أَدْرُسُ فِيْ جَامِعَةِ الْمُحَمَّدِيَّةِ. فِي كُلِّيَّةِ الدِّيْنِيَّةِ menyatakan jenjang pendidikan yang sedang ditempuh Utsman. Yaitu di bangku perkuliahan jurusan agama.
  • Kalimat هَلْ تَعْرِفُوْنَ هِوَايَتِيْ ؟ هِوَايَتِي اَلرَّسْمُ. أَعْمَلُ هِوَايَتِيْ menyatakan hobi Utsman. Pada awalnya Utsman menanyakan kepada hadirin, apakah mereka mengetahui hobi Utsman. Lali setelahnya Utsman menjelaskan bahwa hobinya adalah melukis. Ia melakukan hobinya di saat waktu luang.
Baca Juga  Beriman kepada hari akhir telah menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap

Bagian penutup.

هَذَا مِنِّيْ. أَشْكُرُ عَلَى اِهْتِمَامِكُمْ. وَ الْأَخِر، اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللّٰهِ وَ بَرَكَاتُه.

  • Kalimat هَذَا مِنِّيْ menyatakan bahwa perkenalan tersebut telah berakhir. Kalimat tersebut memiliki arti “sekian dari saya”.
  • Kalimat أَشْكُرُ عَلَى اِهْتِمَامِكُمْ menyatakan ucapan terima kasih terhadap hadirin yang telah menyimak perkenalan tersebut. Kalimat tersebut memiliki arti “saya berterimakasih atas perhatian kalian”.
  • Dan yang terakhir adalah salam اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللّٰهِ وَ بَرَكَاتُه.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas : –

Mapel : Bahasa Arab

Materi : Perkenalan

Kode Kategorisasi : –

#TingkatkanPrestasimu

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Perkenalan diri dalam bahasa arab Semoga Membantu.