Perubahan wujud benda dari padat menjadi gas disebut

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Perubahan wujud benda dari padat menjadi gas disebut

Perubahan wujud zat padat menjadi gas disebut … menyublim

Pembahasan:

Perubahan wujud terjadi ketika benda menyerap atau melepaskan kalor (panas) sehingga mengalami perubahan fase, dari bentuk semula berupa zat cair, padat dan gas, menjadi fase yang lain. Bila menyerap panas, maka benda akan meningkat suhunya, sebaliknya bila melepas panas akan menyebabkan benda menjadi lebih dingin.

Yang termasuk proses perubahan wujud ini adalah:

  1. Menghablur atau kristalisasi, adalah peristiwa perubahan wujud zat dari gas menjadi padat, tanpa melalui fase atau bentuk cair. Contoh: Pembentukan salju di awan saat dingin.
  2. Mengembun atau kondensasi, adalah peristiwa perubahan wujud zat dari gas menjadi cair. Contoh: Pembentukan embun dari uap air saat pagi hari.
  3. Membeku, adalah peristiwa perubahan wujud zat dari cair menjadi padat. Contoh: Pembentukan es batu dari air di kulkas.
  4. Evaporasi, atau penguapan, adalah peristiwa perubahan wujud zat dari cair menjadi gas. Contoh: Penguapan pada air mendidih yang dimasak.
  5. Menyublim, adalah peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi gas, tanpa melalui fase atau bentuk cair. Contoh:  Kapur barus yang digunakan di lemari pakaian.
  6. Mencair, atau meleleh, adalah peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi cair. Contoh: es batu yang mencair ketika dipanaskan.

Pelajari lebih lanjut:

1. Perubahan wujud yang terjadi pada tahap Evaporasi adalah….

2. Apakah yang dimaksud dengan menghablur? Berikan 2 contoh!

Detail Jawaban    

Kode:  6.4.6

Kelas: 6

Mata Pelajaran: Kimia    

Materi: Perubahan Pada Benda

Kata Kunci: Perubahan Wujud, Menyublim

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Perubahan wujud benda dari padat menjadi gas disebut Semoga Membantu.