Sebutkan 3 ciri ciri bahan limbah lunak organik

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Sebutkan 3 ciri ciri bahan limbah lunak organik

Jawaban:

Ciri-ciri limbah lunak organik adalah limbah mudah membusuk, berasal dari makhluk hidup seperti tumbuh-tumbuhan, dan memiliki kandungan air yang banyak serta mudah terurai.

Pembahasan:

Limbah organik adalah bahan sisa yang diperoleh dari sisa makhluk hidup dan mudah untuk membusuk dan terurai oleh mikroorganisme termasuk bakteri pengurai. Limbah organik dapat diperoleh antara lain dari dedaunan, ranting pohon, kotoran manusia maupun hewan, kertas, kulit pohon, sisa-sisa makanan, tulang dari makhluk hidup dan lain-lain.

Limbah organik dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok:

  • Limbah organik lunak atau basah adalah limbah yang masih mengandung banyak kandungan air di dalamnya.  Contoh dari limbah lunak organik adalah bahan sisa tumbuhan (sayur dan buah) dan kotoran hewan. Limbah ini bisa dimanfaatkan kembali oleh manusia menjadi pupuk kompos, pupuk kandang (dari kotoran hewan), atau kerajinan dari kulit jagung, kulit bawang, kulit buah, biji-bijian, daun-daunan, jerami dan serelia.
  • Limbah organik kering adalah limbah yang mempunyai kandungan air cukup rendah. Contoh limbah kering antara lain sisik ikan, kertas, kardus, cangkang kerang, tempurug kelapa, kayu, kulit telur, serbuk gergaji, dan kulit kayu.

Pelajari lebih lanjut

Detil Jawaban :

Kelas : 11

Mapel : Seni

Bab : Modifikasi Karya Seni

Kode : 11.19.13

Kata Kunci : Limbah, lunak, organik

#JadiRangkingSatu

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sebutkan 3 ciri ciri bahan limbah lunak organik Semoga Membantu.

Baca Juga  Usaha untuk merebut bola dari penguasaan lawan disebut dengan