Sebutkan syarat wajib salat jumat

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sebutkan syarat wajib salat jumat

Syarat wajib shalat jum’at adalah Islam, baligh, berakal, laki-laki, dalam keadaan sehat dan mukim (orang yang menetap).

PENDAHULUAN

Shalat jum’at adalah shalat yang wajib dilaksanakan oleh kaum muslimin pada hari jum’at tepatnya pada waktu dzuhur yang mana pelaksanaannya diawali dengan dua khutbah terlebih dahulu.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan oleh Allah dalam QS. Al Jumu’ah ayat 9 yaitu :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, apabila diserukan kepadamu untuk melaksanakan shalat pada hari Jum’at, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”.

PEMBAHASAN

Dalam Islam ada ketentuan tentang siapa dan bagaimana orang yang wajib shalat Jum’at. Dan berikut ini adalah syarat wajib shalat Jum’at :

1). Islam

↪ Jadi untuk orang yang selain agama Islam tidak diwajibkan baginya untuk shalat Jum’at. Lantas, apakah boleh mereka (selain muslim) melaksanakan shalat Jum’at? Jawabannya boleh. Hanya saja shalat mereka tidak dianggap sah.

2). Baligh

↪ Untuk balita atau orang-orang yang belum baligh, belum diwajibkan baginya untuk shalat Jum’at. Hal ini seperti yang telah dijelaskan dalam hadits yang berbunyi:

“Perintahkanlah anak kecil untuk melaksanakan shalat apabila mereka sudah berumur 7 tahun”. (H.R. Abu Daud)

Anak kecil belum dwajibkan untuk shalat jum’at karena mereka belum bisa mengetahui mana yang benar dan salah.

Baca Juga  Induk organisasi basket internasional ialah

3). Berakal

↪ Bagi orang yang telah kehilangan akal (orang gila), tidak diwajibkan untuk melaksanakan shalat jum’at sampai mereka benar-benar telah sembuh.

4). Lakilaki, sehat

Hal ini seperti yang telah dijelaskan dalam hadist :

الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِي جَمَاعَةٍ إِلَّا أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَوْ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِيٌّ أَوْ مَرِيضٌ

Artinya : “Shalat Jum’at itu wajib bagi setiap muslim secara berjama’ah kecuali 4 orang, yaitu : hamba sahaya, perempuan, anak kecil atau orang yang sakit”.

5). Mukim (orang yang menetap)

↪ Maksud dari kata ini adalah bahwa orang yang wajib melaksanakan shalat jum’at adalah orang yang memang tinggal di daerah tersebut. Dalam artian mereka tidak sedang dalam perjalanan (musafir). Jadi, untuk musafir mereka diberikan keringanan untuk tidak melaksanakan shalat jum’at.

Pelajari Lebih Lanjut :

Soal tentang Shalat Jum’at

DETAIL JAWABAN

Mapel : Fiqih

Materi : Shalat Jum’at

Kelas : 7

Kode Soal : 7.14

Kode Kategorisasi : 7.14.5

Kata Kunci : Shalat Jumat, Syarat Wajib

#TingkatkanPrestasimu

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan syarat wajib salat jumat Semoga Membantu.