Bagaimana pendapatmu tentang keberagaman usaha yang ada di sekitarmu

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Bagaimana pendapatmu tentang keberagaman usaha yang ada di sekitarmu

Pendapat saya tentang keberagaman usaha yaitu bisa mengurangi angka pengangguran karena dengan adanya keberagaman usaha berarti menambah lapangan pekerjaan selain itu juga saya merasa lebih mudah untuk memenuhi beberapa kebutuhan sehari – hari.

PEMBAHASAN

Dalam konteks perekonomian, keberagaman usaha merupakan keadaan dimana di suatu tempat atau wilayah terdapat berbagai macam pekerjaan dengan bidang-bidang yang berbeda. Misalnya ada yang di bidang agraris/pertanian, ekstraktif, jasa dan juga industri – industri. Antara satu orang/pihak dengan orang/pihak lainnya berbeda dalam usaha ekonominya, contohnya bagi penduduk yang tinggal di perkotaan usahanya akan berbeda dengan usaha yang dilakukan penduduk yang tinggal di desa.

Berikut penjelasan lebih lanjutnya :

Keberagaman usaha dalam ekonomi yang biasanya ada di lingkungan masyarakat seperti ada yang usaha membuka toko sembako, ada yang menjual berbagai macam buah maupun sayuran, ada yang membuka warung kopi, ada yang usaha sebagai penjahit. Selain itu juga terlihat dengan adanya beberapa pabrik atau perusahaan yang dapat menyerap tenaga kerja untuk proses produksi barang/produk, sehingga proses produksi berjalan lancar, jika sudah demikian maka masyarakat bisa semakin mudah dalam memenuhi kebutuhan – kebutuhan sehari – hari.

Bayangkan saja jika tidak ada keberagaman usaha, sedangkan kebutuhan hidup itu bermacam – macam, pasti akan terganggu dalam pemenuhannya. Selain itu kalau tidak ada keberagaman usaha, maka akan menambah jumlah pengangguran, karena pada dasarnya setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda dalam mengelola sumber daya alam sehingga diperlukan bidang usaha yang beraneka ragam.

Baca Juga  Singkong berkembang biak dengan cara

KESIMPULAN

Keberagaman usaha bisa mengurangi angka pengangguran karena dengan adanya keberagaman usaha berarti menambah lapangan pekerjaan selain itu juga saya merasa lebih mudah untuk memenuhi beberapa kebutuhan sehari – hari. Pernyataan tersebut merupakan pendapat saya tentang keberagaman usaha yang ada.

———————————————————-

Pelajari Lebih Lanjut

  1. kegiatan ekonomi beserta pekerjaan nya : brainly.co.id/tugas/7915039
  2. contoh usaha industri kecil : brainly.co.id/tugas/15044468
  3. tiga contoh kegiatan produksi yang menghasilkan barang dan jasa : brainly.co.id/tugas/13305981
  4. contoh usaha sektor industri berdasarkan potensi yang ada di daerah sekitar, beserta dampaknya terhadap lingkungan : brainly.co.id/tugas/25273840

DETAIL JAWABAN

  • Kelas : V (5 SD)
  • Mapel : IPS
  • Bab 4 – Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia
  • Kode kategorisasi : 5.10.4
  • Kata kunci : Pendapat tentang keberagaman usaha

#TingkatkanPrestasimu

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bagaimana pendapatmu tentang keberagaman usaha yang ada di sekitarmu Semoga Membantu.