Bagian jantan pada bunga disebut

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Bagian jantan pada bunga disebut

Bagian jantan pada bunga disebut Stamen/benang sari (1) terdiri atas anter/kepala benang sari (2) dan filamen/tangkai sari (3). Bagian betina dari bunga disebut. Pistilium/Putik (4), yang terdiri atas Stigma/kepala putik (5), Stilus/tangkai putik (6), dan Ovarium (terdapat ovulum didalamnya) (7). Bagian yang berwarna dan menarik disebut petal/mahkota bunga (8). Bagian bunga no 9 adalah sepal/kelopak bunga dan nomor 10 adalah tangkai bunga.

PEMBAHASAN

Bunga merupakan bagian dari tumbuhan yang dikenal sebagai alat reproduksi terutama bagi tumbuhan anginospermae. Tumbuhan anginospermae merupakan tumbuhan berbiji yang menghasilkan struktur reproduktif yang disebut buah dan bunga.

Bagian-bagian dari bunga yaitu :

  1. Pistilium / Putik : Putik merupakan alat reproduksi betina pada tumbuhan. Putik terdiri atas Stigma/kepala putik, Stilus/tangkai putik, dan ovarium yang didalamnya terdapat ovulum (bisa satu atau lebih ovulum), yang jika terfertilisasi akan berkembang dan menjadi biji.
  2. Stamen / Benang sari : Merupakan alat reproduksi jantan pada tumbuhan yang terdiri dari Anter/Kepala benang sari dan Filamen/tangkai sari. Stamen menghasilkan serbuk polen yang mengandung gametofit jantan yang nantinya akan menempel pada stigma guna melakukan fertilisasi.
  3. Petal / Mahkota bunga : Bagian mahkota bunga sendiri merupakan bagian paling menonjol dengan karakteristik berbeda-beda pada setiap bunga. Pada beberapa bunga, mahkota bunga berwarna mencolok dan memiliki bentuk yang menarik yang bertujuan untuk menarik serangga guna membantu proses penyerbukan.
  4. Sepal / Kelopak bunga : Bagian terbawah yang berbentuk menyerupai daun. Bagian ini menyelubungi bunga sebelum mekar.
  5. Tangkai bunga : Bagian ini mirip batang karena bentuk fisiknya. Hanya saja tangkai pada bunga memiliki ukuran yang lebih kecil dari batang.
Baca Juga  Setelah dicetuskannya sumpah pemuda semua organisasi pemuda dilebur dengan nama

__________________________

Pelajari lebih lanjut

Hasil pembuahan pada tumbuhan berupa

Jenis-jenis bunga

Bagian penting yang terdapat pada struktur bunga

__________________________

DETAIL JAWABAN

Mapel : Biologi

Kelas : 8

Bab : 6- Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

Kode Kategorisasi : 8.4.6

Kata kunci : Bunga, alat reproduksi pada bunga, bagian-bagian bunga.

#TingkatkanPrestasimu

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Bagian jantan pada bunga disebut Semoga Membantu.