Tuliskan contoh pemanfaatan rangkaian paralel dalam kehidupan sehari hari

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Tuliskan contoh pemanfaatan rangkaian paralel dalam kehidupan sehari hari

Contoh pemanfaatan rangkaian listrik paralel dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Lampu lalu lintas
  2. Keyboard komputer
  3. Rangkaian lampu di rumah

Pembahasan:

Rangkaian paralel adalah rangkaian yang memiliki lebih dari satu jalur tempat arus listrik mengalir dari sumber arus listrik. Akibatnya, karena arus listrik memiliki lebih dari satu jalur yang diambil, rangkaian  masih dapat berfungsi jika satu jalur terputus atau dimatikan.  

Sifat ini berguna untuk rangkaian yang perlu dinyalakan bergantian bagiannya. Misalnya adalah pada lampu lalu lintas.

Dalam lampu lalu lintas, terdapat tiga lampu, yaitu lampu warna merah, kuning dan hijau. Lampu-lampu ini dimatikan dan dinyalakan bergantian, untuk mengatur lalu lintas. Karena dalam lampu-lalu lintas bila ada lampu yang dimatikan lampu lain harus bisa menyala, maka rangkaian yang digunakan adalah rangkaian paralel.

Contoh lain adalah pada keyboard yang digunakan untuk memasukkan input di komputer. Keyboard bila ditekan tombolnya akan menghububgkan satu bagian dari rangkaian paralel yang akan mengirim input sesuai jenisnya.

Demikian pula rangkaian lampu di rumah, yang dapat dinyalakan satu atau beberapa lampu saja, tanpa mempengaruhi lampu lainnya.

Rangkaian paralel memiliki tegangan yang sama antar cabangnya. Namun kuat arusnya berbeda beda, sehingga lampu di rangkaian paralel lebih redup.

Detail Jawaban    

Kode:  8.6.8    

Kelas: VIII  

Mata Pelajaran: Fisika        

Materi: Bab 8 – Listrik

Kata Kunci: Rangkaian Seri dan Paralel

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Tuliskan contoh pemanfaatan rangkaian paralel dalam kehidupan sehari hari Semoga Membantu.