Pemersatu komunikasi berbagai suku bangsa di indonesia adalah

Berikut Ini adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pemersatu komunikasi berbagai suku bangsa di indonesia adalah

A. Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa nasional bangsa Indonesia dalam berkomunikasi sehari-hari di tengah berbagai suku, bahasa, dan bangsa yang ada di Indonesia.

Penjelasan:

Bahasa Indonesia pertama kali diikrarkan sebagai bahasa pemersatu bangsa pada sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Dalam ikrar sumpah pemuda terdapat tiga sumpah yang dilakukan oleh para pemuda pejuang bangsa Indonesia yaitu bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia, berbangsa yang satu bangsa Indonesia dan menjunjung  bahasa persatuan bahasa Indonesia.  

Secara sejarah bahasa Indonesia berasal dari bahasa melayu yang tumbuh dan berkembang sejak zaman dahulu dan telah dipakai sebagai bahasa komunikasi bangsa Indonesia ketika menjalin hubungan dan melakukan perdagangan. Bahasa melayu juga telah digunakan sejak abad ke 7 Masehi dihampir seluruh kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dll. selain itu bahasa Indonesia telah digunakan sejak zaman Kerajaan Majapahit dan  Kerajaan Sriwijaya yang terkenal telah menaklukkan hampir seluruh kawasan Asia Tenggara.  

Seiring perkembangan islam di Indonesia bahasa melayu semakin digunakan sebagai bahasa yang gunakan dalam penyebaran agam islam. Bahasa melayu terus mengalami perkembangan sebagai bahasa perhubungan dengan menyerap kosakata yang berasal dari berbagai bahasa seperti Sansekerta, Persia, Portugis, Arab dan bahasa bangsa eropa lainnya.  

Setelah Indonesia merdeka bahasa Indonesia kemudian diresmikan menjadi bahasa nasional Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945. Sebagai bahasa nasional Indonesia, bahasa Indonesia memiliki beberapa fungsi yaitu :  

  • Sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia  
  • Sebagai identitas bangsa Indonesia  
  • Sebagai kebanggaan bangsa Indonesia  
  • Sebagai alat komunikasi antar masyarakat di Indonesia  
Baca Juga  Teknik tuang sekali pakai digunakan untuk karya kerajinan dalam bentuk

Kedudukan bahasa Indonesia tercantum pada Bab XV Pasal 36 dalam UUD 1945 yang menyatakan bahwa bahasa nasioanl Indonesia adalah bahasa Indonesia yang digunakan sebagai alat komunikasi dalam kegiatan penyelenggaraan administasi negara, penyelenggara pendidikan, kegiatan perdagangan maupun kegiatan sehari-hari sleuruh bangsa Indonesia.  

Pelajari lebih lanjut  

Detail Jawaban :

Kelas : –

Mapel : –

Bab : –

Kode: –

#Ayobelajar

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Pemersatu komunikasi berbagai suku bangsa di indonesia adalah Semoga Membantu.