pada waktu melaksanakan salat tasbih jumlah seluruh bacaan tasbih adalah

pada waktu melaksanakan salat tasbih jumlah seluruh bacaan tasbih adalah

Saat melaksanakan salat tasbih, jumlah seluruh bacaan tasbih adalah

—————————-

Jawaban

PENDAHULUAN

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Halo adik-adik para pejuang pencari ilmu, bagaimana kabarnya ?. kali ini Insha Allah kakak akan membantu menjawab pertanyaan adik-adik diatas yaitu “Saat melaksanakan salat tasbih, jumlah seluruh bacaan tasbih adalah ” .  sholat tasbih adalah sholat dengan fadhilah yang luar biasa. Yuk kita bahas !

PEMBAHASAN

Sholat tasbih merupakan sholat sunnah yang dilakukan untuk memperbanyak tasbih kepada ALLAH dengan tata cara tertentu. Dalil sholat tasbih ada pada sebuah hadist riwayat Abu dawud.

Ya Abbas ! Wahai paman ! sungguh aku ingin memberi kepadamu sesuatu yang berharga, anugrah, aku senang dan berbuat untukmu 10 perkara, apabila engkau melakukannya niscaya Allah akan menghapuskan dosa dosamu, baik yang awal maupun yang akhir, yang dahulu atau yang baru, yang tidak disengaja atau disengaja, yang kecil atau yang besar, yang rahasia atau yang terang terangan, yaitu engkau mengerjakan shalat 4 rakaat. Pada setiap rakaat engkau membaca al fatihah dan surah, setelah selesai membaca surah dan masih dalam keadaan berdiri . maka bacalah tasbih sebanyak 15 kali kemudian kamu ruku, maka dalam ruku membaca tasbih 10 kali. Kemudian bangun dari ruku dan i’tidal membaca tasbih 10 kali , kemudian kamu sujud , dalam sujud membaca membaca tasbih 10 kali, kemudian bangun dari sujud atau duduk diantara dua sujud membaca tasbih 10 kali kemudian sujud yang kedua membaca tasbih 10 kali, bangun dari sujud sebelum berdiri duduk kembali dan membaca tasbih 10 kali, semua itu berjumlah 75 tasbih. Dan kamu kerjakan sebanyak 4 rakaat. Jika kamu sanggup melakukannya maka kerjakanlah setiap hari 1 kali jika tidak setiap jum’at satu kali jika tidak setiap bulan 1 kali jika tidak satu tahun satu kali jika tidak seumur hidup satu kali”

Baca Juga  Berikut ini yang tidak termasuk kepada syarat wajib haji adalah?

Bacaan tasbih apda sholat tasbih adalah :

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

Sholat ini dilakukan dengan 4 Rakaat, bila siang maka dengan satu kali salam, bila malam dengan 2 kali salam. Tata caranya sama seperti sholat biasa, hanya saja Bacaan tasbih diatas dibaca 15 setelah membaca Al Fatihah dansurah pendek dan 10x ketika ruku, itidal, sujud, duduk diantara 2 sujud, suduk kedua, sebelum berdiri rokaat selanjutnya dan ketika tasyahud. Maka jumlah tasbih yang dibaca adalah 75x. Sehingga total tasbih yang dibaca adalah 300x

KESIMPULAN :

Saat melaksanakan salat tasbih, jumlah seluruh bacaan tasbih adalah 300 bacaan tasbih.