Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah tokoh dan teladan persatuan Indonesia meskipun Ia seorang Sultan atau Raja. Teladan yang tampak darinya adalah?

Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah tokoh dan teladan persatuan Indonesia meskipun Ia seorang Sultan atau Raja. Teladan yang tampak darinya adalah?

  1. Sebagai penandatangan KMB
  2. Mengakui NKRI dan mau menomorduakan kedudukannya sebagai Sultan
  3. Sebagai Menteri Olahraga pertama RI
  4. Membubarkan kesultanannya demi RI
  5. Menonjolkan darah bangsawannya

Jawaban yang benar adalah: B. Mengakui NKRI dan mau menomorduakan kedudukannya sebagai Sultan.

Dilansir dari Ensiklopedia, sri sultan hamengku buwono ix adalah tokoh dan teladan persatuan indonesia meskipun ia seorang sultan atau raja. teladan yang tampak darinya adalah Mengakui NKRI dan mau menomorduakan kedudukannya sebagai Sultan.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. Sebagai penandatangan KMB adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. Mengakui NKRI dan mau menomorduakan kedudukannya sebagai Sultan adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban C. Sebagai Menteri Olahraga pertama RI adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban D. Membubarkan kesultanannya demi RI adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. Menonjolkan darah bangsawannya adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah B. Mengakui NKRI dan mau menomorduakan kedudukannya sebagai Sultan.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.