Dimas sedang membuat kopi untuk bapaknya menggunakan air mendidih. Saat menuangkan air ke dalam gelas, tiba-tiba gelas tersebut pecah. Hal ini terjadi karena?

Dimas sedang membuat kopi untuk bapaknya menggunakan air mendidih. Saat menuangkan air ke dalam gelas, tiba-tiba gelas tersebut pecah. Hal ini terjadi karena?

  1. pemuaian yang tidak merata
  2. terjadi penyusutan pada dinding gelas
  3. meningkatnya suhu yang tiba-tiba
  4. terjadi peningkatan tekanan udara dalam gelas
  5. Semua jawaban benar

Jawaban yang benar adalah: C. meningkatnya suhu yang tiba-tiba.

Dilansir dari Ensiklopedia, dimas sedang membuat kopi untuk bapaknya menggunakan air mendidih. saat menuangkan air ke dalam gelas, tiba-tiba gelas tersebut pecah. hal ini terjadi karena meningkatnya suhu yang tiba-tiba.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. pemuaian yang tidak merata adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. terjadi penyusutan pada dinding gelas adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban C. meningkatnya suhu yang tiba-tiba adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban D. terjadi peningkatan tekanan udara dalam gelas adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. Semua jawaban benar adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah C. meningkatnya suhu yang tiba-tiba.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.