Aisyah adalah seorang siswi Madrasah Tsanawiyah yang rajin mengaji dan belajar sehingga pandai membaca Al-Qur’an. Suatu hari dia membaca QS. Al-Falaq ayat 2 dan menemukan lafadz “ khalaq “, maka Aisyah membacanya dengan?

Aisyah adalah seorang siswi Madrasah Tsanawiyah yang rajin mengaji dan belajar sehingga pandai membaca Al-Qur’an. Suatu hari dia membaca QS. Al-Falaq ayat 2 dan menemukan lafadz “ khalaq “, maka Aisyah membacanya dengan?

  1. menekan kuat makhraj huruf dari huruf qalqalah yang disukun tersebut sehingga lafaznya memantul dengan kuat dan j elas
  2. menekan kuat makhraj huruf qalqalah yang disukun/diwaqafkan tersebut sehingga lafadznya memantul dengan lebih berkumandang dan lebih jelas
  3. mendengungkan huruf dari huruf qalqalah yang disukun tersebut sehingga lafaznya memantul dengan kuat dan jelas
  4. menekan kuat makhraj huruf qalqalah yang ditasydidkan sehingga lafadznya memantul dengan lebih berkumandang dan lebih jelas
  5. Semua jawaban benar

Jawaban yang benar adalah: B. menekan kuat makhraj huruf qalqalah yang disukun/diwaqafkan tersebut sehingga lafadznya memantul dengan lebih berkumandang dan lebih jelas.

Dilansir dari Ensiklopedia, aisyah adalah seorang siswi madrasah tsanawiyah yang rajin mengaji dan belajar sehingga pandai membaca al-qur’an. suatu hari dia membaca qs. al-falaq ayat 2 dan menemukan lafadz “ khalaq “, maka aisyah membacanya dengan menekan kuat makhraj huruf qalqalah yang disukun/diwaqafkan tersebut sehingga lafadznya memantul dengan lebih berkumandang dan lebih jelas.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. menekan kuat makhraj huruf dari huruf qalqalah yang disukun tersebut sehingga lafaznya memantul dengan kuat dan j elas adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. menekan kuat makhraj huruf qalqalah yang disukun/diwaqafkan tersebut sehingga lafadznya memantul dengan lebih berkumandang dan lebih jelas adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Baca Juga  Jika manusia tidak beruntung dalam peroleh karunia Allah SWT, hal itu bukanlah berarti Allah SWT benci kepadanya melainkan kualitas atas kemampuannya belum maksimal. oleh karena itu hendaknya kita senantiasa?

Menurut saya jawaban C. mendengungkan huruf dari huruf qalqalah yang disukun tersebut sehingga lafaznya memantul dengan kuat dan jelas adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban D. menekan kuat makhraj huruf qalqalah yang ditasydidkan sehingga lafadznya memantul dengan lebih berkumandang dan lebih jelas adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. Semua jawaban benar adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah B. menekan kuat makhraj huruf qalqalah yang disukun/diwaqafkan tersebut sehingga lafadznya memantul dengan lebih berkumandang dan lebih jelas.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.