salah satu tujuan kewirausahaan yaitu

salah satu tujuan kewirausahaan yaitu

Salah satu tujuan dari kewirausahaan adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakat,

Selain perwujudan kesejahteraan masyarakat, kewirausahaan juga bertujuan untuk mendukung munculnya usaha kecil dan meningkatkan inovasi.

 

Pembahasan

Kewirausahaan adalah usaha manusia untuk menggabungkan inovasi dan kesempatan untuk mendapatkan nilai yang lebih dalam kehidupan dan bisa menyelesaikan masalah yang ada dalam suatu kelompok masyarakat. Pada dasarnya, kewirausahaan dilakukan dengan melihat adanya permasalahan dan peluang di suatu kelompok masyarakat dan seorang wirausahawan akan menciptakan produk yang memiliki nilai ekonomi yang bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Ada beberapa sifat yang terdapat dalam kewirausahaan:

  • Bertanggung jawab: seorang wirausahawan harus bertanggung jawab atas segala keputusan yang sudah ia ambil karena pada dasarnya semua hal yang berkaitan dengan keberlangsungan usahanya bergantung pada keputusan yang akan dibuat.
  • Mau menerima kritik: seorang wirausahawan tidak boleh memiliki sikap egois dan merasa dirinya paling benar. Seorang wirausahawan harus berhati besar dan mau menerima kritik dan saran yang disampaikan oleh konsumen terhadap produk yang ditawarkannya. Sebaliknya, saran dan kritik ini malah bisa digunakan oleh seorang wirausahawan untuk memperbaiki produknya agar lebih bisa diterima oleh masyarakat.
  • Berorientasi ke masa depan: seorang wirauhsawan harus memiliki sikap optimis dan memiliki visi dan misi yang jelas terhadap usaha yang sedang dikembangkan. Hal ini berdampak terhadap strategi yang akan diambil karena dengan adanya visi dan misi yang jelas maka keputusan yang akan diambil adalah keputusan yang akan mendorong terwujudnya visi dan misi perusahaan. Apabila sebuah perusahaan tidak memiliki visi dan misi maka akan terlihat seperti kehilangan arah.
Baca Juga  produk olahan buah segar yang diolah menjadi minuman sehat disebut

Adapun tujuan dari kewirausahaan:

  • Mendukung munculnya usaha kecil: tenaga kerja yang membantu dalam sebuah kegiatan wirausaha perlahan akan memiliki semangat untuk membuka usaha secara mandiri. Sebagai seorang wirausahawan kita harus mendukung apabila tenaga kerja ingin mencoba untuk membuka usahanya sendiri.
  • Mewujudkan kesejahteraan masyarakat: dengan adanya kewirausahaan di suatu wilayah maka akan menyerap tenaga kerja di suatu wilayah sehingga bisa menekan angka pengangguran. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya daya beli masyarakat dan akan menggerakkan roda perekonomian dengan lebih lancar.
  • Inovasi: adanya persaingan yang kuat dari kegiatan wirausaha akan mendorong wirausahawan untuk melakukan inovasi agar produknya bisa memenangkan persaingan di suatu wilayah.