Beberapa organisasi kepemudaan memiliki latar belakang suku dan kedaerahan, namun tidak untuk organisasi …

Beberapa organisasi kepemudaan memiliki latar belakang suku dan kedaerahan, namun tidak untuk organisasi …

A. Jong Celebes
B. Jong Ambon
C. Jong Java
D. Perhimpunan Indonesia

Jawaban: D

Organisasi kepemudaan yang tidak berlatar belakang kepada suku sera tidak berlatar belakang kepada kedaerahan yaitu organisasi Perhimpunan Indonesia atau yang disingkat dengan singkatan PI. Organisasi tersebut didirikan dengan dilatar belakangi pada rasa persatuan nasional. Sehingga beberapa sumber Internasional menyatakan bahwa organisasi Perhimpunan Indonesia merupakan pelopor dari kedaulatan bangsa Indonesia.

Pembahasan

Organisasi Perhimpunan Indonesia merupakan salah satu organisasi nasional sebelum kemerdekaan yang berdiri pada tahun 1908 dengan nama Indische Vereeniging. Pada saat itu Organisasi Perhimpunan Indonesia didirikan oleh Sutan Kasayangan dan R.N. Noto Suroto yang berlokasi di Belanda. Kemudian pada tahun 1922 baru nama Indische Vereeniging diganti menjadi Perhimpunan Indonesia.

Organisasi Perhimpunan Indonesia pertama kali didirika memiliki tujuan dan fungsi yang berfokus pada bidang sosial-budaya untuk mempersatukan pelajar Indonesia yang berada di Belanda. Akan tetapi, seiring berjalan waktu terjadi beberapa perubahan yang menyebabkan organsisasi tersebut berfokus pada bidang politik. Organisasi tersebut berjuang untuk mendapatkan kedaulatan dan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga  Karya seni yang terbuat dari batu mentah disebut zaman?