membuat komposisi secara kontras yaitu dengan

membuat komposisi secara kontras yaitu dengan

jawaban

Membuat komposisi secara kontras yaitu dengan

 

b.membuat bidang dengan ukuran yang berbeda jauh

 

Terjemahan:

 

Kontras merupakan salah satu unsur seni rupa. Unsur lainnya selain kontras adalah titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang.

 

Kontras ialah perbedaan yang mencolok pada suatu pola atau unsur terhadap pola di sekitarnya yang memunculkan tanda atau ekspresi yang dapat ditangkap oleh yang melihat karya seni tersebut.

 

Kontras sangat penting dalam seni rupa, karena menciptakan sebuah makna bagi karya seni dan membuat karya tersebut menarik dibanding karya lainya.

 

Kontras ini bisa dibuat dengan perbedaan yang drastis, dalam sisi warna, pencahayaan, tekstur maupun ukuran yang sangat berbeda atara satu bagian karya seni dengan bagian lainya.

 

Contohnya adalah pada lukisan. Kontras dicapai pada lukisan dengan perbedaan warna dan gelap terang. Misalnya, perbedaan antara warna langit dan bintang, atau perbedaan warna baju karakter dalam lukisan dengan warna latar belakang.

 

Kontras yang diciptkan oleh unsur warna dapat di susun dengan beberapa warna yangg saling berlawanan sifat, seperti warna merah yang di padukan dengan warna hijau.

 

Sementara pada seni ruang seperti pada patung, kontras dapat dicapai dengan perbedaan ukuran antara komponen dari patung tersebut. Misalnya adalah adalah ada bagian yang ukurannya besar seperti karakter utama, dan ada bagian kecil seperti penghias di sekelilingnya.

 

Baca Juga  Penulisan nama ilmiah yang tepat di bawah ini adalah?