guru wilangan ing tembang gambuh gatra sepisan cacahe ono

guru wilangan ing tembang gambuh gatra sepisan cacahe ono

jawaban

Tembang gambuh adalah tembang yang berisikan bagaimana berhubungan dengan antarsesama. Tembang mijil adalah tembang yang menceritakan perjalanan hidup manusia dari lahir hingga mati.

Pembahasan

Tembang gambuh

  1. Memiliki 5 guru gatra pada setiapnya bait. Maksudnya adalah tembang gambuh memiliki 5 baris kalimat pada setiap baitnya.
  2. Guru wilangan tembang gambuh yaitu 7, 10, 12, 8, 8. Maksudnya adalah baris pertama terdiri dari 7 suku kata, baris kedua berisi 10 suku kata, dan seterusnya).
  3. Guru lagu tembang gambuh yaitu u, u, i, u, o. Maksudnya adalah baris pertama berakhir dengan vokal u, baris kedua berakhir vokal u, dan seterusnya).

Tembung mijil

  1. Memiliki 6 guru gatra pada setiap baitnya. Maksudnya adalah tembung mijil memiliki 6 baris kalimat pada setiap baitnya.
  2. Guru wilangan tembung mijil yaitu 10, 6, 10, 10, 6, 6. Maksudnya adalah baris pertama terdiri dari 10 suku kata, baris kedua berisi 6 suku kata, dan seterusnya
  3. Guru lagu tembung mijil yaitu i, o, e, i, i, o. Maksudnya adalah akhir suku kata dari masing-masing kalimat bervokal i, o, e, i, i, o.

Jadi,

Aturan guru gatra, guru lagu dan guru wilangan tembang gambuh yaitu 7u – 10u – 12i – 8u – 8o.

Aturan guru gatra, guru lagu dan guru wilangan tembang mijil yaitu 10i – 6o – 10e – 10i – 6i – 6o.

Baca Juga  mingkar mingkuring angkara tembung angkara tegese