sebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam formulir

sebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam formulir

jawaban

Biasanya terdapat :
– Nama
– Alamat
– Tempat, tanggal lahir
– Agama
– Alasan mendaftar
– Nama orang tua
Pekerjaan orang tua
Tempat, tanggal lahir
Alamat orang tua
Umur orang tua
– NIK

atau

– Nama
– Alamat
– Tempat, Tanggal Lahir
– Agama
– Pendidikan Terakhir
– Alasan Pendaftaran
– No Hp
– Umur
– NIK
Orang tua
– Nama Ayah
– Pekerjaan
– Alamat
– Tempat, Tanggal lahir Umur
– NIK
– Nama Ibu
– Pekerjaan
– Alamat
– Tempat, Tanggal Lahir
– NIK

Formulir adalah lembaran kartu atau kertas atau dokumen elektronik dengan ukuran tertentu yang di dalamnya terdapat data/informasi yang bersifat tetap dan juga bagian lain yang diisi dengan bagian yang tidak tetap. Formulir merupakan alat yang penting dalam menjalankan organisasi informasi, karena bermanfaat untuk merekam data sehingga dapat mengurangi kemungkinan kesalahan informasi.

 

Pembahasan:

Pengertian Formulir Menurut Para Ahli

Menurut Rama dan Jones (2008), formulir adalah dokumen terpola yang berisi field kosong yang dapat diisi pengguna dengan data.

Sedangkan, menurut Puspitawati (2011), formulir dapat definisikan sebagai secarik kertas atau media yang memiliki ruang untuk diisi dengan berbagai informasi sebagai dasar pencatatan transaksi atau aktifitas ekonomi suatu unit organissasi.

Berdasarkan kedua pengertian tersebut, disimpulkan bahwa formulir merupakan secarik kertas yang memiliki ruang yang terformat dan diisi oleh penggunanya.

Fungsi formulir

Formulir memiliki beberapa fungsi, diantaranya yaitu merupakan alat untuk mencari suatu keterangan tertentu, menghimpun data yang sama, menyampaikan informasi yang sama kepada bagian yang berbeda, sebagai bukti fisik, dan sebagai dasar petunjuk untuk bekerja.

Baca Juga  apa yang bisa kita teladani dari sosok kepala sekolah tersebut

Kelebihan menggunakan formulir

Kelebihan yang dapat diperoleh dalam menggunaka formulir adalah dapat menghemat waktu, tenaga dalam hal penulisan serta biaya dalam hal penggunaan kertas. Formulir akan memudahkan dalam hal menyimpan dan mencatat. Dengan adanya formulir, akan terbentuk adanya keseragaman sehingga dapat mengurangi terjadinya ketidakefektifan penyimpanan.