jelaskan kaitan antara korupsi dan bubarnya voc

jelaskan kaitan antara korupsi dan bubarnya voc

jawaban

Kaitan antara korupsi dan bubarnya VOC adalah korupsi terjadi dimana para pegawai VOC yang gajinya rendah menyalahgunakan kekuasaanya untuk memperkaya diri sendiri, sehingga menyebabkan berkurangnya pendapatan VOC, sehingga kerugian VOC meningkat dan akhirnya bangkrut.

Pembahasan:

Penyebab utama mengapa VOC sangat rawan korupsi adalah karena lokasi penempatan karyawan VOC yang jauh dari Belanda dan karena karyawan VOC dibayar sangat sedikit.

Akibatnya, pengawasan pegawai yang melakukan korupsi tidak ada dan terjadi penyalahgunaan fasilitas VOC yang merajalela, seperti kapal dan gudang, oleh pejabat tinggi untuk kepentingan bisnis pribadi.

Selain itu, penyuapan juga melibatkan pejabat Hindia Belanda setempat, seperti bupati, pemungut cukai dan pedagang, yang memegang hak perdagangan dari VOC. Pejabat VOC dari jajaran bawah juga menyuap atasan mereka untuk mendapatkan promosi atau kenaikan jabatan.

Theodore M Smith dalam Korupsi, Tradisi, dan Perubahan (1971) mengatakan bahwa sampai 1800, di Indonesia, korupsi adalah praktik umum. Hal itu terjadi karena rendahnya upah karyawan VOC yang dikombinasikan dengan lemahnya organisasi, pengawasan, serta kurangnya kontrol.

Karyawan VOC menjadi kaya dengan mencuri dari perusahaan. Sebagai hasil dari korupsi mereka, VOC ambruk pada tahun 1799 dan diambil alih oleh pemerintah Belanda.

Baca Juga  proklamasi kemerdekaan dilakukan pada saat vacum of power, Arti dari vacum of power adalah?