sudahkah anda menjadi anak yang bertanggung jawab

sudahkah anda menjadi anak yang bertanggung jawab

jawaban

Tiga cara yang dapat kita lakukan agar dapat menjadi orang yang bertanggung jawab adalah:

  • Menjalankan dengan baik apa yang menjadi tugas dan kewajiban pribadi
  • Bersikap jujur dalam perkataan dan tindakan
  • Membangun kepedulian terhadap diri sendiri dan orang lain

 

Pembahasan

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak hanya hidup sendiri tetapi juga dengan orang lain baik di keluarga, sekolah, pekerjaan, hingga masyarakat. Untuk membangun hubungan yang baik dan agar kita dapat dipercaya banyak orang dalam berbagai hal, kita perlu memiliki sikap tanggung jawab. Ketika orang mengenal kita sebagai orang yang bertanggung jawab, hal ini akan memberikan suatu nilai positif bagi diri kita dan relasi dengan orang lain. Cara yang dapat kita lakukan agar menjadi orang yang bertanggung jawab diantaranya:

 

Menjalankan dengan baik apa yang menjadi tugas dan kewajiban pribadi

Dari diri kita sendiri, ketika memiliki tugas dan kewajiban terutama bila itu diberikan oleh orang lain, kita wajib menjalankan dan menyelesaikannya dengan maksimal. Alasannya adalah ketika kita menerima suatu kewajiban atau tugas dari orang lain, artinya orang tersebut percaya pada kita dan sudah seharusnya kita memiliki komitmen untuk memberikan yang terbaik. Contohnya, kita sebagai pelajar tentu kewajiban yang harus dijalankan adalah belajar. Tentu kita perlu menjalankan kewajiban tersebut secara maksimal seperti belajar dengan giat melalui rutin membaca materi, mengerjakan tugas tepat waktu, hingga eksplorasi sumber belajar lain.

 

Bersikap jujur dalam perkataan dan tindakan

Sikap jujur adalah hal yang terpenting juga dalam langkah menjadi orang yang bertanggung jawab. Jujur artinya kita dalam melakukan sesuatu atau berkata sesuai dengan keadaan yang ada. Hal ini selain melatih kita sebagai orang yang bertanggung jawab, juga membangun kepercayaan dari orang lain terhadap diri kita. Contohnya, ketika kita sedang meminjam alat tulis dari teman dan tanpa sengaja merusakkannya, saat mengembalikan, kita perlu menyampaikan apa adanya, meminta maaf, dan mencoba mengganti dengan yang baru. Tindakan ini juga akan membangun hubungan yang baik dan mencegah konflik dengan orang lain.

Baca Juga  mematuhi aturan guru merupakan kewajiban anak di

 

Membangun kepedulian terhadap diri sendiri dan orang lain

Membangun kepedulian dapat dimulai ke diri kita sendiri dengan cara menjaga penampilan, kebersihan, menempatkan diri pada keadaan yang sesuai, hingga cara bersikap. Selain itu, dalam membangun kepedulian terhadap orang lain, kita bisa lakukan dengan mendahulukan kepentingan orang lain dari diri sendiri, peka terhadap orang lain, bersikap bijak dengan mempertimbangkan dengan baik perkataan sebelum berkomunikasi dengan orang lain hingga sadar akan hak dan kewajiban diri dalam suatu lingkungan dengan orang lain.